Comscore Tracker

Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke Bengkel

Agar kita dan mekanik sama-sama enak

Mobil yang selalu kita rawat bisa saja rusak dan harus dibawa ke bengkel. Memiliki bengkel langganan tentu akan lebih menyenangkan dalam hal komunikasi dengan mekanik. Namun masalahnya, bengkel mobil biasanya dibagi-bagi berdasarkan spesialisasinya.

Seperti bengkel khusus AC, bengkel khusus kaki-kaki, bengkel tuning, atau bengkel body repair sehingga kita harus mempersiapkan diri juga saat akan membawa mobil ke bengkel. Berikut lima hal yang harus kamu perhatikan saat membawa mobil kamu ke bengkel.

1. Perhatikan mekanik saat mengerjakan bagian yang sudah kamu ketahui

Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke BengkelPixabay.com/Pixel2013

Jika kamu termasuk orang yang juga suka membetulkan sendiri mobilmu atau mungkin kamu paham benar dengan seluk-beluk mobilmu, kamu perlu memerhatikan saat mekanik membetulkan bagian mobil yang sudah kamu paham. Karena mekanik mengerjakan banyak sekali jenis mobil yang tentu bisa saja mekanik tersebut belum hafal dengan mobilmu, sehingga gak ada salahnya kamu untuk membantu mekanik tersebut jika dia terlihat kesulitan.

Namun jika kamu memang gak tahu tentang apa yang sedang dikerjakan mekanik, sebaiknya kamu tunggu saja mekanik tersebut bekerja tanpa perlu berusaha mengarahkannya untuk mengerjakan sesuatu di mobilmu. Karena mekanik pasti lebih tahu apa yang dia lakukan untuk membetulkan mobil kamu.

2. Hindari membawa parts sendiri jika memang di bengkel tersebut tersedia

Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke BengkelUnsplash.com/Hosea Georgeson

Biasanya bengkel mobil juga sudah menyediakan suku cadang yang umum untuk dipasangkan ke mobil yang dibetulkan di bengkelnya. Namun karena alasan lebih murah, customer sering membeli sendiri suku cadang tersebut secara online, padahal justru hal itu bisa membuat pihak bengkel merasa kurang dihargai lho.

Ada baiknya kamu menanyakan dulu kepada pihak bengkel apakah parts yang kamu butuhkan tersedia atau tidak? Jika tidak tersedia, barulah kamu mencari sendiri parts tersebut agar gak menyinggung pihak bengkel.

Baca Juga: 6 Bengkel Kustom di Sekitaran Jakarta, Bisa Sulap Motormu Jadi Kece!

3. Katakan sedetailnya tentang kronologi kerusakan mobil kamu

Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke BengkelKeesler.af.mil

Saat mobil kamu rusak, mekanik di bengkel akan lebih mudah memahami kerusakan saat kamu menceritakan kronologi awal kerusakan mobil kamu. Jadi lebih baik katakan secara detail dan jujur awal mula kerusakan mobil kamu kepada mekanik agar mereka juga bisa menganalisa kerusakan yang terjadi dan hasil yang diberikan bisa lebih maksimal.

4. Pikirkan kembali jika ingin menggunakan suku cadang yang murah

Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke BengkelPixabay.com/skica911

Terkadang bengkel menawarkan suku cadang dengan berbagai rentang harga. Kebanyakan customer tentu memilih yang murah. Namun kamu harus menyadari bahwa harga yang dibayarkan berbanding lurus dengan kualitas suku cadang yang ditawarkan. Kamu bisa menanyakan detail terhadap suku cadang yang ditawarkan bisa awet berapa lama sesuai dengan harganya.

Jika dirasa suku cadang murah kurang awet, jangan ragu untuk membeli suku cadang yang berkualitas agar kamu gak keluar uang lagi jika suku cadang yang dipasangkan mudah rusak.

5. Berikan deadline pengerjaan kepada mekanik

Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke BengkelCarspoon.com

Terkadang karena sungkan dengan mekanik, kita justru gak memberikan tenggat waktu kepada mekanik. Ada mekanik yang mengerjakan mobil sesuai urutan mobil masuk ke bengkel, namun ada juga yang mengerjakan mobil sesuai dengan tingkat urgensinya.

Jadi alangkah baiknya kamu selalu memberi deadline pengerjaan mobil kamu saat ke bengkel agar kamu bisa mendapatkan mobilmu kembali dengan cepat, mekanik juga bisa mengerjakan mobil kamu tanpa menunda dan melewatkannya.

Itulah lima hal yang perlu kamu lakukan saat membawa mobil kamu ke bengkel. Jika kamu pernah mengalami pengalaman menarik saat membawa mobil ke bengkel, tuliskan pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Barang Ini Bisa Berbahaya Jika Ditinggalkan di Mobil

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You