Comscore Tracker

5 Mobil Buatan Jepang yang Paling Melegenda

Gak kalah sama mobil Eropa!

Pecinta mobil selalu dibuat terkesima dengan desain dan teknologi-teknologi dari mobil-mobil yang ada di dunia, salah satunya adalah mobil buatan Jepang. Negeri sakura ini memproduksi mobil yang gak hanya menarik dari segi desain namun juga kencang dalam melaju.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil yang benar-benar hanya dijual di Jepang (Japan Domestic Market) memiliki fitur dan keunggulan yang lebih daripada mobil buatan Jepang yang dijual di luar negeri, sehingga gak jarang orang-orang mencari mobil yang asli dijual di Jepang saja.

Selama masa kejayaan mobil produksi Jepang, ada mobil-mobil yang menjadi legenda baik karena inovasi dan kemampuannya sehingga membuat orang di seluruh dunia sepakat bahwa mobil-mobil ini adalah legenda Jepang hingga sekarang. Apa saja mobil-mobilnya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Honda NSX

5 Mobil Buatan Jepang yang Paling MelegendaTh.wikipedia.org

Orang awam mungkin akan mengira mobil ini adalah sebuah Ferrari, namun jangan salah, mobil ini adalah mobil asli buatan pabrikan Jepang yaitu Honda. Honda NSX ini dibuat pertama kali pada tahun 1990 dan masih berlanjut hingga saat ini. Mobil ini memang didesain untuk menyaingi Ferrari pada saat itu sehingga menjadi mobil yang melegenda.

Namun di Amerika, Honda harus memasarkan mobil ini dengan nama lain yaitu Acura dikarenakan image Honda di barat adalah mobil murah. NSX ini memiliki desain eksterior dan interior yang terinspirasi dari pesawat tempur F-16 sehingga diharapkan memiliki aerodinamis layaknya pesawat tempur. Bahkan pada bagian interior pengemudi juga tampak seperti kokpit pilot pesawat tempur. 

2. Toyota Supra

5 Mobil Buatan Jepang yang Paling MelegendaFlickr.com/Leg1t

Jangan salah dengan Honda Supra yang kita kenal sebagai motor bebek sejuta umat di Indonesia. Toyota juga memiliki varian mobil legendaris bernama Supra. Toyota Supra yang paling legendaris adalah yang bermesin 2JZ-GE yang kencang dan legendaris.

Saat ini Toyota Supra sudah ada versi yang modern dan dikabarkan akan masuk resmi ke Indonesia karena sudah terdaftar di Samsat DKI Jakarta. Namun ada kontroversi karena mesin yang digunakan sudah bukan lagi 2JZ-GE yang legendaris dan membesarkan namanya, melainkan mesin BMW Z4 sehingga membuat para car enthusiast kecewa.

Bahkan di luar negeri sampai ada yang melakukan swap engine mesin Toyota Supra terbaru dengan mesin 2JZ-GE yang legendaris itu lho. Selain itu desain eksteriornya memang menggoda banget sih, ya.

Baca Juga: 5 Perusahaan Mobil Terkenal Ini Awalnya Gak Bikin Mobil

3. Nissan Skyline GTR R32

5 Mobil Buatan Jepang yang Paling MelegendaCommons.wikimedia.org

The Godzilla adalah julukannya. Mobil yang diperkenalkan pada tahun 1989 ini masih menjadi mobil yang diidam-idamkan banyak orang dan berharga tinggi. Orang-orang luar Jepang pun gak segan-segan untuk mendatangkan mobil ini dari Jepang. 

Kemampuannya gak diragukan lagi pada masanya, Nissan Skyline GTR R32 ini memenangkan seluruh pertandingan pada balapan Japan Touring Car di tahun 1990 mengalahkan semua pesertanya.

Legenda mobil ini masih berlanjut dengan seri selanjutnya yaitu Skyline R33 dan Skyline R34 yang banyak dikenal orang sebagai tunggangan Paul Walker di film 2 Fast 2 Furious. Sayang generasi terbaru setelah R34 kurang disukai oleh car enthusiast.

4. Mazda RX-7

5 Mobil Buatan Jepang yang Paling MelegendaCommons.wikimedia.org

Model lampu pop-up memang sedang beken di era tahun 70-90an, termasuk pada salah satu mobil legendaris Mazda yaitu RX-7 ini. Pada tipe FD, Mazda RX-7 dibekali dengan mesin rotary, yaitu teknologi mesin yang ringkas dan bertenaga dengan memanfaatkan gerakan rotasi pada sumbunya.

Mesin ini digunakan untuk mobil-mobil yang dikhususkan untuk balapan salah satunya adalah Mazda RX-7 ini. Selain itu, desainnya sangat sporty yang benar-benar hanya menyediakan 2 kursi depan dan mengutamakan kursi pengemudi menambah keseksian mobil ini.

5. Toyota AE86

5 Mobil Buatan Jepang yang Paling MelegendaRu.wikipedia.org

Salah satu mobil yang banyak dikenal orang Indonesia karena muncul sebagai kendaraan tokoh utama di anime Initial D. Mobil ini sangat simple dengan ciri khas lampu depan model pop-up yang tren saat itu. 

Mobil ini termasuk dalam kelas Corolla dan secara kelas bukanlah mobil sport seperti pada list yang kita bahas sebelumnya. Namun mobil ini memiliki sejarah yang hebat selain dari anime Initial D.

Pasalnya, AE86 memang benar-benar dulunya digunakan oleh seorang drifter handal dari Jepang bernama Keiichi Tsuchiya dan dialah yang mempopulerkan gaya mengemudi drift ke dunia. Bahkan Initial D pun terinspirasi kisah Tsuchiya ini.

Keunggulan mobil ini adalah desain sederhana, bodi ringan, mudah dikendarai dan masih menggunakan penggerak roda belakang. Karena kepopulerannya, harga mobil ini pun melambung tinggi dan nggak kalah dengan legenda mobil Jepang lainnya lho.

Itulah 5 daftar mobil Jepang yang legendaris hingga sekarang. Dari semua mobilnya, mana nih yang jadi impian untuk kamu miliki?

Baca Juga: 5 Tips Membeli Mobil Secara Online, Supaya Gak Tertipu!

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You