Comscore Tracker

5 Cara Mencegah dan Pertanda Rem Mobil Blong

Jangan sampai rem mobil blong

Rem mobil blong menjadi salah satu hal yang paling ditakutkan bagi pengendara mobil karena bisa mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Bahkan belakangan ini sering terjadi kecelakaan mobil akibat rem mobil blong.

Lalu apa yang harus kita lakukan dan tanda-tanda seperti apa saja yang kemungkinan bisa mengakibatkan rem blong? Yuk, simak cara mencegah dan pertanda rem mobil blong berikut ini.

1. Lakukan servis berkala

5 Cara Mencegah dan Pertanda Rem Mobil BlongPixabay.com/pixel2013

Tindakan pencegahan sangat wajib dilakukan bagi pemilik kendaraan. Lakukanlah servis mobil secara berkala paling tidak setiap 6 bulan sekali termasuk pemeriksaan sistem pengereman mobil. Terkadang kita tidak tahu bahwa rem mobil kita bermasalah kalau tidak dicek oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Jadi jangan malas untuk melakukan pengecekan berkala, ya!

2. Jangan remehkan keanehan pada rem

5 Cara Mencegah dan Pertanda Rem Mobil BlongUnsplash.com/@liam_1

Jika menggunakan mobil sendiri tentu kita akan sangat hafal dengan rasa berkendaranya karena setiap hari kita kendarai, sehingga jika ada keanehan sedikit saja terutama saat melakukan pengereman tentu kita bisa merasakannya. Jika suatu saat kamu mengendarai mobil dan merasakan ada yang berbeda dengan biasanya saat kamu melakukan pengereman, maka kamu wajib membawanya ke bengkel untuk melakukan pengecekan agar tidak membahayakanmu saat berkendara.

3. Dengarkan bunyi-bunyian saat melakukan pengereman

5 Cara Mencegah dan Pertanda Rem Mobil BlongPixabay.com/mikesphotos

Rem adalah bagian mobil yang sangat sensitif, sehingga saat melakukan pengereman idealnya tidak ada suara yang keluar dari komponen rem. Namun jika saat kamu melakukan pengereman selalu timbul suara yang cukup terdengar hingga ke dalam kabin, maka kamu perlu memeriksanya lebih lanjut guna menghindari hal yang tak diinginkan.

Baca Juga: Jangan Panik, Lakukan 10 Langkah Ini Saat Rem Blong

4. Setir tidak normal saat mengerem

5 Cara Mencegah dan Pertanda Rem Mobil BlongPixabay.com/matanvizel

Fungsi utama rem adalah mengurangi kecepatan kendaraan saat melaju dan tidak akan membuat mobil sulit dikendalikan jika kamu berkendara dengan kecepatan normal. Namun jika saat melakukan pengereman setir kamu terasa berbelok sendiri dan kamu rasanya harus menahan setir agar tetap lurus, maka kamu perlu waspada ada yang aneh dengan sistem pengereman dan wajib kamu lakukan pengecekan.

5. Pedal rem terasa lebih dalam

5 Cara Mencegah dan Pertanda Rem Mobil BlongSafetybrakeandclutch.co.za

Pedal rem yang normal tidak akan terlalu dalam saat diinjak, kamu pun tentu akan hafal seberapa dalam pedal rem mobil kamu. Namun jika tiba-tiba pedal rem kamu terasa lebih dalam dari biasanya maka kamu harus hati-hati karena bisa saja itu pertanda ada yang tidak beres dengan rem kamu, maka kamu harus segera membawanya ke bengkel untuk melakukan pengecekan.

Itulah 5 cara mencegah dan pertanda rem mobil blong. Mobil bisa membantu aktivitas kita, namun mobil juga perlu perawatan agar tetap terjaga keamanannya saat dikendarai. Stay safe, ya!

Baca Juga: Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Meski Terus Hidupkan AC

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya