Comscore Tracker

3 Masalah Ini Sering Terjadi pada Kompresor AC Mobil 

Ketahui dahulu masalah kerusakannya

Jakarta, IDN Times – Kompresor AC bisa disebut sebagai jantung bagi keseluruhan sistem pendingin mobil. Sebab fungsi utama komponen ini adalah menekan gas freon ke seluruh sistem. Sehingga, kompresor AC ini mampu membuang panas dan kelembaban dari udara di dalam kabin. Maka itu seluruh sistem AC gak akan bisa bekerja apabila komponen ini rusak.

Nah, cara memperbaiki kompresor AC yang rusak, sebenarnya tergantung pada jenis kerusakannya itu sendiri. Karena itu kamu perlu mengenal terlebih dahulu masalah apa yang terjadi pada kompresor AC.

1. Kompresor AC berkarat

3 Masalah Ini Sering Terjadi pada  Kompresor AC Mobil Ilustrasi kompresor AC mobil (fixingengines.com)

Munculnya karat pada shaft kompresor AC mobil dengan bearing bambu dapat menyebabkan kompresor jadi macet. Tapi gak perlu khawatir, sebab kamu gak perlu menggantinya dengan yang baru. Karat tersebut dapat dihilangkan dengan cara yang super simpel.

Langkah pertama, bongkar kompresor terlebih dahulu dan bersihkannya dengan anti karat. Selanjutnya ampelas komponen ini hingga halus, agar kompresor tidak tersendat lagi. Kalau sudah kamu akan diminta untuk mengganti oli kompresor.  

Namun, sebelumnya kamu harus pastikan bahwa kompresor tidak terdapat cacat satu pun entah di piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Apabila kamu menemukan klep patah, itu pertanda kamu harus mengganti kompresor dengan yang baru.

Baca Juga: Deretan Mobil Cina yang Jiplak Mobil Lainnya, Mana yang Paling Mirip?

2. Kompresor berbunyi aneh

3 Masalah Ini Sering Terjadi pada  Kompresor AC Mobil Ilustrasi kompresor AC mobil (indiamart.com)

Tampaknya kamu akan panik kalau sudah mendengar kompresor AC berbunyi. Kalau kamu memang mengalami hal ini segeralah memeriksa oli pada kompresor, maka kamu harus melumasinya dengan oli baru.

Sebab pelumas ini bertugas penting dalam mengurangi gesekan dan mencegah panas pada kompresor. Biasanya masalah itu terjadi karena adanya kelalain saat melakukan pengisian oli atau kompresor memang bocor.

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi piston, apabila sudah aus biasanya komponen ini akan mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu. Begitu juga apabila thrust bearing pada kompresor sudah longgar, maka segeralah membeli kompresor baru.

3. Kompresor AC macet

3 Masalah Ini Sering Terjadi pada  Kompresor AC Mobil Ilustrasi kompresor AC mobil (autohausaz.com)

Banyak juga yang sering mengalami masalah kompresor macet. Biasanya hal ini terjadi karena kompresor dipaksa bekerja ketika sedang terjadi termal, namun kamu gak buru-buru memperbaikinya. Bahayanya, kompresor AC mobil bisa terbakar ketika hal ini dibiarkan terjadi.

Maka itu, seharusnya kamu rutin merawat kompresor ini di bengkel terpercaya paling tidak dua tahun sekali. Cara ini juga dilakukan sekaligus untuk menjaga udara dingin dalam kabin supaya tetap konsisten.

Baca Juga: Mobil-mobil Ini Harga Bekasnya Terjun Bebas

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya