Comscore Tracker

5 Cara Merawat Mobil Putih Biar Tetap Tampil Elegan

Mobil putih harus dijaga kebersihannya!

Jakarta, IDN Times – Mobil warna putih memang terkesan elegan sehingga mampu membuat pemiliknya lebih pede ketika menggunakannya. Warnanya yang mentereng dapat memikat perhatian setiap orang yang melihatnya. Bahkan di tempat gelap pun mobil ini akan lebih mudah terlihat, jadi kamu lebih mudah untuk mengawasinya.

Kerennya, mobil putih juga bisa memperjelas sorot lampu dan menangkal hawa panas loh. So, gak heran kalau mobil dengan cat putih ini sangat digemari. Hanya saja mobil berwarna putih sangat rentan kotor. Karena itu, kamu perlu banget nih merawatnya dengan benar supaya mobil gak terlihat dekil dan tetap tampil elegan.

Baca Juga: Mobil-mobil Imut di Bawah Rp100 Juta

1. Menjaga kebersihan mobil

5 Cara Merawat Mobil Putih Biar Tetap Tampil EleganPhoto by Eddie Gonzalez on Unsplash

Salah satu cara sederhana dalam merawat mobil berwarna putih adalah menjaga kebersihannya, apalagi kalau kamu menggunakannya setiap hari. Ya, paling nggak kamu membersihkannya menggunakan kanebo setengah basah saat sesudah atau sebelum menggunakannya.

Kalau kamu mempunyai waktu senggang, sempatkanlah diri untuk mencuci si putih secara menyeluruh di rumah atau steam mobil biar tampil kinclong. Lakukanlah hal tersebut minimal seminggu sekali. Selain mobil jadi tampak bersih, cara ini juga membuat cat menjadi lebih awet.

2. Hindari mencuci dan menjemur mobil di bawah sinar matahari

5 Cara Merawat Mobil Putih Biar Tetap Tampil Eleganunsplash.com/@mattseymour

Perlu kamu ketahui, mencuci mobil di bawah sinar matahari menggunakan sabun atau sampo ternyata gak dianjurkan loh. Sebab biasanya kamu tidak langsung membilas busa sampo saat mencucinya. Sehingga, busa mengering dengan sendirinya dan mobil pun menjadi jamuran. Tentu hal ini menjadi masalah baru baki kamu dan mobilmu.

Selain itu kamu juga gak boleh mencuci dan menjemur mobil di bawah sinar matahari. Karena hal ini dapat membuat warna cat menjadi lebih cepat pudar. So, solusinya parkirkanlah mobil di tempat yang teduh seperti di bawah pohon rindang atau garasi yang tertutup. Oya, cara ini juga berlaku untuk semua warna mobil ya.

Baca Juga: Mobil-Mobil Ini Semakin Dicari Setelah Disuntik Mati

3. Wajib menggunakan sampo khusus

5 Cara Merawat Mobil Putih Biar Tetap Tampil EleganIDN Times/Dwi Agustiar

Mencuci mobil berwarna putih harus menggunakan sampo khusus mobil. Jangan pernah sekali-kali menggunakan sabun cuci baju, sabun colek, dan lainnya. Sebab menggunakan sampo tidak sesuai fungsinya dapat merusak cat mobil. Warna mobil putih nantinya akan menguning, sehingga mengurangi nilai estetika dari mobil itu sendiri.

4. Teknik mencuci dan membilas harus tepat

5 Cara Merawat Mobil Putih Biar Tetap Tampil Eleganunsplash

Kamu juga harus menggunakan teknik mencuci dan membilas dengan tepat. Rentang waktu antara pengaplikasian sampo mobil dengan waktu membilas perlu diperhatikan. Setelah memberikan sampo ke salah satu bagian permukaan mobil, sebaiknya kamu membilas bagian yang terkena sampo itu terlebih dahulu sebelum memberi sampo di bagian lainnya.

Cara itu dilakukan supaya tidak ada busa sampo yang menempel serta mengering di bodi mobil, sehingga cat mobil tidak rusak. Karena pada dasarnya kalau kamu mencuci mobil busa pasti akan cepat mengering. Sehingga, hal tersebut meninggalkan bekasnya di permukaan mobil, yang membuat tampilan mobil jadi lebih kumal dan gak enak dipandang.

Oya, kamu harus membilas mobil secara satu arah dan lakukan secara berkala dari atas ke bawah. Cara ini untuk menghindari kotoran nyangkut pada bagian celah mobil yang nantinya akan mempersulit diri kamu sendiri.

5. Menggunakan kain lap lembut dan daya serap yang baik

5 Cara Merawat Mobil Putih Biar Tetap Tampil EleganIlustrasi mengeringkan mobil menggunakan lap (fotolia.com)

Setelah melakukan tahap pencucian, selanjutnya kamu memasuki tahap pengeringan. Nah, mobil lebih baik dikeringkan menggunakan kain lap berbahan lembut dan memiliki daya serap yang baik.

Mengeringkan lap dengan daya serap baik lebih baik dibanding kamu harus memanfaatkan sinar matahari, yang dapat meninggalkan bercak air mengering. Sedangkan lap berbahan lembut, tidak akan membuat mobil menjadi baret.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya