Comscore Tracker

5 Cara Mudah Merawat Wiper Mobil

Jangan anggap sepele, wiper mobil juga harus dirawat!

Jakarta, IDN Times - Wiper mobil hanya digunakan pada waktu tertentu saja, seperti saat hujan, melewati jalan berkabut, atau ketika terdapat debu tebal menempel di kaca. Tapi wiper tetap harus dirawat secara rutin, lho.

Sebab jika tidak dirawat, wiper bisa menyebabkan kaca mobil jadi baret saat digunakan. Nah, berikut cara gampang merawat wiper mobil. 

1. Jangan parkir di tempat yang panas

5 Cara Mudah Merawat Wiper Mobilitstillruns.com

Terdapat material karet di dalam rangka besi wiper mobil. Karet inilah yang berperan penting untuk menghalau rintikan air hujan yang menghalangi kaca mobil. Karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga keelastisan karet. Nah, cara sederhananya, sebaiknya kamu jangan memarkirkan mobil di tempat yang panas, seperti di bawah sinar matahari langsung.

Sebab kaca mobil akan menyerap sinar sehingga berdampak pada karet. Kalau terus-terusan mengalami hal ini, maka karet bakal cepat mengering dan pecah. Solusinya, kamu harus mengangkat wiper selama ditinggalkan, karena cara ini dapat mengindari karet dari kaca yang terkena panas tersebut.

Baca Juga: Wiper Kaca Mobil Macet? Cek 5 Bagian Ini

2. Berhati-hati saat membersihkan wiper

5 Cara Mudah Merawat Wiper MobilFreepik.com

Mungkin kamu sering wiper membersihkan wiper, karena biasanya ketika mencuci mobil maka wiper pun akan ikut dicuci.Tapi kamu harus ekstra hati-hati saat membilasnya, sebab terdapat karet pada permukaan wiper yang mempunyai cairan khusus untuk melindungi dan melembabkan wiper.

Jadi, dalam perawatannya, kamu lebih baik jangan bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Siramkan saja menggunakan air bersih dan lap bagian karetnya, setelah biarkan air mengering sendiri dengan mengangkat wiper setelah dicuci.

3. Cek kondisi poros wiper

5 Cara Mudah Merawat Wiper Mobilistockphoto.com

Wiper juga mempunyai poris yang wajib banget diperhatikan kesehatannya. Oleskan pelumas pada poros wiper secara rutin untuk mencegah aus. Hal ini dilakukan supaya perputaran gak macet ketika menyapu air dan kotoran.

4. Isi cairan wiper

5 Cara Mudah Merawat Wiper Mobilgenemesservw.com

Kalau kamu membuka ruang nesin, sudah pasti akan menemukan satu tangki khusus menyimpan cairan pembersih kaca mobil. Sebenarnya gak masalah jika ingin mengisinya dengan air biasa, tapi sebaiknya kamu mengisinya dengan cairan pembersih khusus yang ditambah dengan air.

Cairan khusus tersebut biasanya memiliki kandungan yang membuat kaca mobil jadi licin. Sehingga, wiper gak kesat atau tersendat saat digunakan. Cara ini gak hanya merawat wiper, tapi juga mampu melindungi kaca agar tidak tergores.

5. Rutin ganti wiper

5 Cara Mudah Merawat Wiper MobilIlustrasi Karet Wiper Kaca Mobil (https://www.windowwiperblades.com/)

Jangan lupa, kamu juga harus memperhatikan waktu penggunaan wiper. Kalau bisa, jangan tunggu wiper mengeluarkan bunyi decitan dan karet tampak getas. Sebenarnya wiper harus rutin diganti selama 1 tahun sekali, tergantung pemakaian.

Kamu harus perhatikan, apakah hanya karet saja yang perlu diganti atau beserta dudukannya juga? Sebaiknya juga kamu memilih wiper yang ukurannya sesuai dengan ukuran jenis mobil kamu, ya.

Baca Juga: Step by Step Mengisi Cairan Wiper Mobil

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya