Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Mengusir Semut dari Mobil

Siapa nih yang mobilnya ada semut? Ikuti tips ini ya  

Jakarta, IDN Times - Kehadiran semut memang sulit diprediksi. Sebab serangga kecil ini gak hanya beredar di dalam rumah saja, tapi juga di dalam kabin mobil. Tentu saja kehadiran mereka bakal bikin risih.

Apalagi jika kamu membawa makanan dan minuman manis, wah sudah pasti semut akan menyerbunya. Selain itu gigitan semut bisa membuat pengendara kehilangan konsentrasi, lho!

Tapi kamu gak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa tips ampuh mengusir semut dari kabin mobil seperti berikut ini!

1. Membersihkan kabin hingga ke sela-sela terkecil

5 Tips Ampuh Mengusir Semut dari Mobilcartreatments.com

Masuknya semut ke dalam kabin bisa jadi dari aroma makanan dan minuman, atau mungkin karena kamu memparkirkan mobil di bawah pohon. Sehingga, semut akan masuk melalui sela kaca jendela, celah karet, maupun dashboard.

Karena itu, penting bagi kamu untuk membersihkan kabin mulai dari lepas karpet dan mencucinya. Lalu, jangan lupa untuk lap seluruh bagian dalam kabin hingga ke sela-sela terkecil, karena biasanya semut bersarang di tempat yang tersembunyi atau sulit dijangkau.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sarung Jok Mobil

2. Pancing semut untuk keluar

5 Tips Ampuh Mengusir Semut dari Mobilmenshealth.com

Nah, karena keberadaannya kadang sulit ditemukan kamu bisa memacing semut untuk keluar terlebih dahulu. Hal ini agar kamu bisa menemukan sarang yang digunakan semut berkumpul.

Kamu bisa lakukan dengan cara meletakkan makanan manis di kabin lalu diamkannya selama beberapa jam. Nantinya, semut akan menghampiri makanan tersebut secara bergerombol dan membentuk satu jalur untuk membawa makanannya ke sarang.

So, jika semut sudah banyak terlihat maka kamu bisa menemukan sarangnya. Lalu, kamu dianjurkan untuk segera menyapu segeromobolan semut tersebut, biar gak menetap di mobil lagi.

3. Semprotkan kabin menggunakan racun serangga

5 Tips Ampuh Mengusir Semut dari Mobilwisegeek.org

Tips paling ampuh adalah menyemprotkan kabin menggunakan racun serangga. Ya, komponen ini memiliki dua bentuk, yaitu cairan dan bubuk. Kalau kamu membeli yang bubuk, masukkan bubuk tersebut ke dalam botol spray, lalu campurkan dengan air.

Setelah itu, semprot ke arah sarang semutnya. Jika sarang masih gak ketemu juga, sebaiknya kamu menyemprotkannya ke seluruh ruang kabin biar semut gak berdatangan lagi. Oh iya, kamu juga bisa memilih pengusir serangga lain seperti kapur semut.

4. Gunakan parfum mobil pengusir semut

5 Tips Ampuh Mengusir Semut dari MobilLelong.com.my

Biasanya semut juga enggan datang jika aroma mobil gak menarik perhatiannya. Maka kamu disarankan menggunakan parfum mobil dengan varian green tea, kopi, dan cengkeh. Aroma-aroma tersebut dipercaya mampu mengusir semut, sehingga mobil menjadi bebas dari serangga, bersih, dan harum.

5. Gunakan mesin penyedot debu

5 Tips Ampuh Mengusir Semut dari Mobilblibli.com

Kalau kamu mempunyai mesin penyedot debu, alat ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut. Sebab, debu sangat mampu menghilangkan semua partikel debu maupun remah-remahan makanan yang tertinggal di kabin.

Jika tidak adanya remahan makanan, maka semut pun gak akan datang. So, secara gak langsung kamu sudah mengusir semut sebelum kedatangannya. Dan yang paling terpenting, kamu juga harus rajin mencuci atau membersihkan bagian luar mobil juga.

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Kabin Mobil Tetap Fresh

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya