Comscore Tracker

Selain Kanebo, 5 Kain Lap Ini Aman untuk Bersihkan Mobil dan Motor

Gunakan kain lap yang gak tepat berakibat pada kendaraan

Jakarta, IDN Times - Punya kendaraan harus rajin mencucinya agar bebas dari debu dan kotoran hingga karat. Setelah mencuci, tahap selanjutnya mengeringkan dengan lap. Nah, kamu gak boleh sembarang memilih lap ketika membersihkan kendaraan, sebab bisa-bisa menggores body kendaraanmu.

Biasanya, untuk membersihkan kendaraan kamu memakai kanebo. Tapi sekarang ini banyak kanebo palsu dijual di pasaran. Sehingga, pori-pori kain bisa kemasukan partikel keras seperti debu dan batu kecil, sehingga dapat terjadi goresan pada body kendaraan kamu. Nah, apa kira-kira kain lap yang pas selain kanebo yang bisa untuk membersihkan kendaraan kamu?

1. Kain microfiber

Selain Kanebo, 5 Kain Lap Ini Aman untuk Bersihkan Mobil dan MotorIlustrasi ain microfiber (shopee.id)

Sebagai pengganti kanebo, kamu bisa memakai kain microfiber untuk mencuci dan mengeringkan mobil. Biasanya, kain ini dilengkapi lapisan serat kain sangat tipis untuk memaksimalkan kemampuannya mengangkat kotoran. Itu sebabnya, Kain microfiber mampu menghempaskan kotoran kecil tanpa harus menimbulkan goresan.

Kain ini memiliki kemampuan yang gak kalah saing dengan kanebo. Sesuai namanya, kain ini punya lubang dan celah benang yang berbentuk kail, sehingga bisa membersihkan dan menyerap air saat mengeringkan kendaraan.

Perlu kamu ketahui, banyak sekali kain microfiber yang terjual di pasaran, namun gak semuanya cocok untuk mengeringkan mobil, loh. Fungsinya tergantung dari kualitas dan teksturnya, seperti kain microfiber bertekstur waffle cocok digunakan untuk tahap pengeringan. Tekstur high pile cocok untuk waxing, waterless wash, dan instrument panel. Sedangkan tekstur low pile cocok untuk all purpose cleaning, mesin, coating dan microfiber glass sangat cocok untuk kaca.

Baca Juga: 4 Tips Ampuh Hilangkan Baret pada Kaca Mobil

2. Kain wash mitt

Selain Kanebo, 5 Kain Lap Ini Aman untuk Bersihkan Mobil dan MotorIlustrasi kain wash mitt (tokopedia.com)

Berikutnya, ada kain lap wash mitt, yaitu perpaduan antara microfiber dan kanebo berbentuk unik. Pada lap ini terdapat kantung bertekstur busa yang lembut di dalamnya, sekilas bentuknya tampak seperti anemon laut. Kain jenis ini bisa digunakan untuk mencuci dan mengeringkan kendaraan.

Hasil kerja wash mitt gak perlu diragukan lagi, karena kain ini gak bakal membuat kendaraanmu tergores dan mampu menjaga kaca mobil dalam kondisi baik. Kamu bisa segera membeli dan menggunakan sekarang, biar gak penasaran dengan hasilnya.

3. Kain polyester dan nylon

Selain Kanebo, 5 Kain Lap Ini Aman untuk Bersihkan Mobil dan Motorujikokoh.com

Kain yang terbuat dari campuran bahan polyester dan nylon juga dapat membantu kamu mengeringkan kendaraan. Kain ini dapat menarik kotoran dengan partikel kecil dan mampu menyerap cairan air dengan kuat serta bahan kain ini sangat lembut, sehingga tak menimbulkan goresan.

Perawatan kain jenis ini juga cukup mudah, gak seribet kanebo yang harus dibilas berkali-kali. Kamu cukup mencuci dengan air, serta hindari penggunaan bahan pelembut, pemutih, dan air panas, sebab dapat merusak tekstur kain.

4. Kain lap elektrostatik

Selain Kanebo, 5 Kain Lap Ini Aman untuk Bersihkan Mobil dan MotorIlustrasi kain lap elektrostatik (id.aliexpress.com)

Ada juga kain lap elektrostatik dengan kemampuan eletrostatiknya yang dapat menarik partikel kotoran lebih mudah agar menempel pada kain. Dengan cara itu juga, proses pembersihan maupun pengeringan kendaraan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kain ini juga sangat cocok digunakan untuk membersihkan permukaan yang tidak terlalu halus seperti dashboard mobil.

Baca Juga: 5 Barang Ini Bisa Bantu Dek Motor Makin Kinclong!

5. Kain katun

Selain Kanebo, 5 Kain Lap Ini Aman untuk Bersihkan Mobil dan Motorindonesian.alibaba.com

Gak cuma bagus untuk pakaian, kain lap berbahan katun juga cocok untuk membersihkan kendaraan, loh. Kain lap jenis bahan ini umum digunakan, namun tekstur kain ini tidak terlalu lembut dan kemampuan meresap air juga masih kurang baik.

Tetapi sebenarnya kain ini sangat cocok digunakan untuk mencuci mobil dan motor, tapi sebaiknya digunakan pada saat proses pencuciannya saja, bukan saat proses pengeringan.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya