Comscore Tracker

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Ini

Bau gak sedap hilang, berkendara jadi nyaman

Bau di kabin mobil dapat mengurangi konsentrasi ketika mengemudi. Penyebabnya bermacam-macam, karena sisa makanan, makanan dengan bau menyengat sampai asap rokok. Nah, jika memiliki masalah ini, gak perlu repot pergi ke salon mobil. Cukup gunakan beberapa bahan alami yang diyakini efektif mengusir bau gak sedap di kabin mobil.

Berikut adalah delapan bahan alami untuk menghilangkan bau gak sedap di kabin mobil.

1. Arang

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Inimolekule.com

Arang adalah sebuah sisa pembakaran dari kayu. Meskipun terlihat kotor, nyatanya mampu menghilangkan bau gak sedap di kabin mobil secara alami. Caranya cukup mudah. Potong beberapa arang, kemudian letakkan di dalam sebuah mangkok dan biarkan selama beberapa hari.

2. Baking soda

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Inimedicalnewstoday.com

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau gak sedap di kabin mobil yang bisa digunakan adalah baking soda. Untuk menghilangkan bau gak sedap dengan menggunakan soda kue sangat mudah.

Cuman perlu meletakkan soda kue dalam wadah tertutup yang telah dilubangi. Kemudian, menaruhnya di tempat yang gak mengganggu pengemudi atau penumpang, salah satunya di bawah kursi.

Diamkanlah selama beberapa hari, jika perlu bisa melakukan replacement setiap dua hari satu kali sampai bahan alami ini bisa bekerja secara optimal.

3. Bubuk kayu manis

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Inigymbuddynow.com

Umumnya, bubuk kayu manis digunakan sebagai bahan pembuat kue. Namun, gak cuman itu, bubuk kayu manis juga berguna untuk menghilangkan bau gak sedap di kabin mobil. Misalnya, seperti bau asap rokok. Yang perlu diingat, untuk menghilangkan bau asap rokok perlu mencampur seperempat cangkir bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel.

Campurkan secara merata dan tempatkan dalam wadah tertutup di mana tutupnya telah diberikan lubang terlebih dahulu. Jika sudah melakukan metode ini, dijamin bau gak sedap di kabin mobil akan hilang. Dan sebagai gantinya, aroma bubuk kayu manis yang wangi akan tercium.

4. Bubuk kopi

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Inidissolve.com

Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengusir bau gak sedap di kabin mobil adalah bubuk kopi. Yap! Bukan cuman sedap ketika aromanya dihirup, diseduh dan diminum, bubuk kopi juga dikenal ampuh menyerap berbagai macam aroma.

Metode ini sangat mudah. Cuman perlu menaburkan bubuk kopi ke kabin mobil, seperti di bawah karpet atau kursi. Selain dengan cara menaburkan, juga bisa menaruhnya di wadah kecil supaya tetap rapi dan mudah untuk dibersihkan.

Setelah itu, bisa membiarkannya semalaman. Tapi ingat! Yang digunakan adalah bubuk kopi, bukan kopi yang telah diseduh.

Baca Juga: 5 Mobil Keluarga dengan Harga di Bawah Rp200 Juta, Cocok Buat Mudik!

5. Bubuk vanila

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Iniazurestandard.com

Bahan alami untuk menghilangkan bau di mobil lainnya adalah bubuk vanila. Selain menyerap bau gak sedap, bubuk vanila juga mampu memberikan aroma yang delicious di kabin mobil. Caranya, tuangkan bubuk vanila ke dalam wadah yang tutupnya sudah dilubangi. Kemudian letakkan di bawah jok mobil dan biarkan semalaman.

Caranya cukup mudah, bukan?

6. Cuka

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Inidavidsuzuki.org

Bahan alami yang satu ini bisa identik dengan aroma yang menyengat. Tapi, jangan berpandangan negatif dengan bahan alami ini. Ternyata, cuka mampu mengurangi atau menghilangkan bau gak sedap di kabin mobil. Yang perlu dilakukan adalah menuangkan cuka ke dalam wadah dan diamkan selama satu malam.

Kemudian, keesokan harinya, misalnya bau rokok yang gak sedap akan berkurang.

7. Daun pandan

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Iniindigenousbartender.com

Daun pandan adalah salah satu bahan alami yang dapat mengusir bau gak sedap di kabin mobil. Caranya, cukup memotong daun pandan secukupnya. Lalu, letakkan di bawah jok. Selain membuat aroma kabin mobil lebih segar, daun pandan juga gak membuat kantong kebobolan, karena sering mengganti wewangian mobil.

8. Jeruk

Kabin Mobil Bau? Hilangkan dengan 8 Bahan Alami Berikut Iniindependent.co.uk

Bahan alami terakhir yang bisa mengusir bau gak sedap di kabin mobil adalah jeruk. Bagi yang gak suka bau asap rokok, bisa menggunakan kulit jeruk atau irisan jeruk. Gak cuman enak dimakan, nyatanya, aroma jeruk bisa membuat kabin mobil lebih segar. Caranya sangat mudah, cuman perlu meninggalkan beberapa irisan jeruk di dalam mobil dan tinggalkan selama beberapa waktu.

Nah, jika jeruk yang ditinggalkan telah kering, bisa membuangnya. Dan lakukan dengan langkah yang sama jika ingin menggunakan metode ini.

Itulah beberapa rekomendasi untuk bahan alami penghilang bau gak sedap di kabin mobil. Bahan mana yang sudah dicoba pertama kali?

Baca Juga: Sudah Siap Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Beli Mobil Bekas

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You