Comscore Tracker

Alibaba Akan Buat "Vending Machine" untuk Mobil

Membeli mobil semudah membeli minuman bersoda

Semakin maju teknologi, semakin mudah masyarakat dalam mendapatkan apapun yang diinginkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi bisa menghemat lebih banyak waktu, biaya dan tenaga. Hal inilah yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce Tiongkok, Alibaba. Mereka berencana untuk menciptakan sebuah mesin penjual mobil otomatis tahun depan.

Alibaba Akan Buat Vending Machine untuk Mobiltheverge.com

Dengan adanya inovasi ini, masyarakat bisa membeli mobil semudah membeli sekaleng minuman bersoda di mesin penjual minuman otomatis atau vending machine. Inovasi ini nampaknya terinspirasi dari pembukaan Autobahn Motors yang memamerkan showroom 15 lantai mobil-mobil futuristik di Singapura tahun lalu. Showroom ini pun dinobatkan sebagai mesin penjual mobil mewah terbesar di dunia.

Era belanja mobil online telah tiba!

Alibaba Akan Buat Vending Machine untuk MobilCarvana/YouTube.com

Showroom Autobahn menampilkan kendaraan 60 slot dengan pelanggan di lantai dasar dapat memilih dari layar touchscreen produk otomotif mana saja yang ingin mereka lihat. Selanjutnya, mobil tersebut akan tiba dalam waktu dua menit di hadapan pelanggan.

Alibaba pun tak mau kalah dari Autobahn. Mereka berniat menciptakan mesin penjual otomatis yang beda. Perusahaan e-commerce ini bahkan mengklaim pembelinya bisa melihat-lihat mobil dengan lebih praktis, yakni melallui smartphone mereka dan menekan tombol beli. Mobil tersebut nantinya akan ditunjukan kepada pembeli melalui menara display vertikal.

Baca juga: Setelah Self-Driving, Kini Ada Mobil Self-Cleaning. 

Alibaba rencananya juga akan mengintegrasikan mesin penjualnya ini ke dalam sistem online. Dengan cara ini, mereka akan menggabungkan sejumlah fitur lainnya, yakni pembiayaan dan transaksi kredit pembeli mobil yang akan dibeli pelanggan. Bagi pembeli yang memiliki rating kredit cukup tinggi dari sistem penilaian Alibaba, maka mereka dapat mengendarai mobil yang mereka inginkan. Namun, mereka harus membayar terlebih dahulu deposit sebesar 10 persen dan mengangsur biaya per bulan setelahnya.

Perusahaan asal Amerika pernah membuat teknologi serupa.

Alibaba Akan Buat Vending Machine untuk Mobiltheverge.com

Inovasi semacam ini juga pernah dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat bernama Carvana. Mereka juga menggunakan menara mirip mesin yang menjual mobil bekas kepada pelanggan. Bulan Maret 2017 lalu, bangunan ini dipamerkan di San Antonio, Texas dengan struktur delapan lantai yang masing-masing mampu menampung 30 mobil.

Manajer Umum Divisi Otomotif E-Commerce Alibaba, Yu Wei mengatakan bahwa era belanja mobil online telah tiba. Dengan cara ini, maka pembelian mobil akan bisa dilakukan semudah membeli sekaleng minuman bersoda. Mesin penjual otomatis ini digadang-gadang bisa mengurangi beban biaya perusahaan untuk membayar karyawan dan juga biaya operasional penjualan.

Baca juga: Tambah Pengangguran, India Haramkan Mobil Kemudi Otomatis. 

Topic:

Just For You