Comscore Tracker

BMW e36: Harga dan Spesifikasi

Populer di kalangan remaja

BMW E36 ini merupakan salah satu mobil yang cukup populer di kalangan remaja. Hal ini dikarenakan desainnya yang memiliki kesan tangguh dan sporty.

Mobil BMW E36 pertama kali dijual pada penghujung tahun 1990 di pasar Eropa. Sedangkan di Pasar Amerika Utara mobil ini dijual pada tahun 1991.Dibandingkan dengan tipe lainnya, harga BMW E36 ini cukup terjangkau.

Penasaran seperti apa? Berikut harga dan spesifikasi BMW E36 yang bisa kamu simak.

1. Performa mesin

BMW e36: Harga dan SpesifikasiBMW E36 (id.motor1.com)

BMW E36 hadir dengan berbagai pilihan tipe. Tipe 318i dengan mesin tipe M40 dengan 4 silinder SOHC dan kapasitas 1.8 lier. Untuk seri 320i memiliki mesin dengan tipe M50B20 dengan 6 silinder dan kapasitas 2.0 liter. Sedangkan untuk tipe 323i memiliki mesin bertipe M52B25 dengan kapasitas 2.5 liter.

Mobil BMW E36 memiliki dimensi panjang 4,443 mm, lebar 1,710 mm dan tinggi 1,393 mm. Sumbu roda mobil ini 2,700 mm. Dimensi yang membengkak ini memberikan keuntungan pada bagian interior dimana kabin menjadi lebih luas.

Tenaga maksimal yang dihasilkan BMW E36 ini adalah 116 Hp pada putaran 5500 rpm dan torsi maksimal sebesar 165 Nm pada putaran 4250 rpm. Mobil BMW E36 memiliki desain yang cukup bulat dan dinamis. Kaca mobil ini memiliki landau yang cukup besar. Selain itu, bagian bumpernya juga terlihat lebih agresif. 

2. Desain interior

BMW e36: Harga dan SpesifikasiBMW E36 (id.motor1.com)

Desain dashboard yang dimiliki BMW E36 ini mengarah ke posisi pengemudi. Dalam interior mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dengan fungsi yang mumpuni.

Warna interior dari BMW E36 adalah warna gelap dengan jok beludru berwarna abu dan setir palang empat tanpa fitur keselamatan airbag. Namun, pada jenis BMW E36 lainnya sudah dilengkapi jok yang berlapis kulit dengan setir M-Tech II.

Namun, kini BMW E36 sudah mengalami berbagai perubahan dari segi interior. Fitur keselamatan juga sudah disematkan di mobil ini. 

Bagian kabin belakang terbilang sempit. Meski demikian, bentuk kursi masih terasa nyaman untuk diduduki. Kapasitas bagasinya cukup luas hingga 435 liter.

Baca Juga: Honda e: Harga dan Spesifikasi, Mobil Elektrik dari Jepang

3. Desain eksterior

BMW e36: Harga dan SpesifikasiBMW E36 (id.motor1.com)

Desain eksterior dari BMW E36 hadir dengan konsep Dolphin Shape. Dimana dimensi mobil ini membengkak dan mengedepankan unsur aerodinamika.

Pada bagian depannya, BMW E36 mempunyai body kotak dan lampu bulat. Kini mobil ini menggunakan lampu model kotak dengan proyektor agar cahaya dapat merata ke seluruh penjuru arah. Bagian grillenya dibuat menjadi lebih lebar.

Mobil BMW E36 merombak seluruh bagian depannya. Bumpernya juga didesain ulang dimana pada awalnya bentuknya datar dengan lubang kecil garis tegas. Namun kini, modelnya adalah garis lingkar krom dengan grill yang lebih lebar dan sedikit menjorok keluar.

Bagian sampingnya membentuk garis lurus dari depan hingga belakang. Hal ini memberikan kesan yang downforce dan membantu kestabilan mobil agar traksi bannya menjadi lebih maksimal.

Selanjutnya pada bagian belakangnya menggunakan stoplamp berbentuk trapesium. Desain sirip pada ujung bagasinya menjadi ciri khas tersendiri dari mobil ini. 

Jika dilihat secara keseluruhan, tampilan dari mobil ini tampak sporty. Menariknya, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau maka tidak heran jika mobil ini cukup diminati kalangan anak muda.

4. Fitur lainnya

BMW e36: Harga dan SpesifikasiBMW E36 (id.motor1.com)

Mobil BMW E36 memiliki fitur keamanan dan keselamatan berupa Automatic Stability Control dan sistem pengereman menggunakan ABS. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur sensor parkir PDC. 

Ukuran pelek standar mobil ini sekitar 15 – 16 inci. Lampu seinnya dibuat lebih pipih dengan facelift. Bagian belakang dan depannya terlihat membulat namun minimalis modern.

Bagian lampu belakangnya didesain dengan garis paten bagian entral. Ukuran mobil ini juga cukup besar, ban serepnya diletakkan di bagian bawah mobil.

5. Harga BMW E36

BMW e36: Harga dan SpesifikasiBMW E36 (id.motor1.com)

BMW E36 dijual dengan harga yang cukup bervariasi. Harga ini tergantung dengan tipe yang dipilih. Harganya dibanderol mulai dari Rp50 juta hingga Rp100 jutaan

Mobil ini juga tersedia harga bekasnya. Tapi tentu saja dijual dengan harga yang lebih murah dari harga di atas. Sebaiknya, kamu memperhatikan berbagai hal jika ingin membeli bekas BMW E36 satu ini.

Baca Juga: Daftar Harga Sepeda Motor BMW di Indonesia

Topic:

  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya