Comscore Tracker

Biaya Perjalanan Roadtrip Jakarta-Bali, Jangan Sampai Tekor di Jalan

Berikut hitungan biaya perjalanan roadtrip Jakarta-Bali

Jakarta, IDN Times - Roadtrip Jakarta-Bali jadi salah satu cara berwisata yang bisa kamu tempuh pada musim liburan ini. Sebab menempuh perjalanan darat ribuan kilometer dengan mobil akan memberikan pengalaman dan keseruan tersendiri. 

Tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatian sebelum road trip agar perjalananmu lancar dan menyenangkan, salah satunya adalah biaya. Nah, berikut rincian biaya perjalanan road trip dari Jakarta menuju Bali.

1. Biaya tol Jakarta-Bali

Biaya Perjalanan Roadtrip Jakarta-Bali, Jangan Sampai Tekor di JalanIlustrasi Gerbang Tol Cikunir. (IDN Times/Sunariyah)

Jika menggunakan jalan tol, terutama tol Trans Jawa-Bali, ada biaya jalan tol yang harus dikeluarkan. Tol tersebut terdiri dari beberapa sektor, mulai dari Jakarta-Cikampek, hingga Surabaya-Gempol.

Tol paling mahal adalah tol Cikopo-Palimanan yang menghabiskan biaya sampai Rp107.500. Sedangkan yang paling murah adalah tol Surabaya Gempol yang hanya menghabiskan Rp3.000. Untuk tol, rincian biaya yang harus kamu keluarkan sebesar Rp671.000.

Oya, saat ini kamu bisa melihat tarif tol melalui aplikasi Google Maps atau Waze. Cukup tentukan tujuanmu lalu kedua aplikasi tersebut akan menghitung berapa total pengeluaran tol yang harus kamu bayar.

Baca Juga: 5 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Road Trip, Jangan Kelupaan!    

2. Biaya bensin Jakarta-Bali

Biaya Perjalanan Roadtrip Jakarta-Bali, Jangan Sampai Tekor di JalanIDN Times/Dwi Agustiar

Selain biaya tol, yang harus diperhatikan dalam roadtrip Jakarta-Bali adalah biaya bensin. Untuk biaya bensin ini, tergantung dari jenis mobil yang digunakan. Misal jika mobil keluarga, umumnya punya rasio 1:10 - 15 km.

Merunut Google Maps, jarak Jakarta-Bali kira-kira mencapai 1.186 km. Dengan rasio 1 liter habis 10 sampai 15 km, maka kira-kira dibutuhkan 79 sampai 119 liter dalam satu kali perjalanan. Biaya bensin juga akan berbeda, tergantung jenis bensin yang digunakan.

Misal, jika harga Pertalite sekarang Rp7.650 per liter, serta harga Pertamax Rp9.500 per liter, tinggal dikali saja dengan jumlah bensin yang dihabiskan.

3. Biaya penyeberangan kapal feri

Biaya Perjalanan Roadtrip Jakarta-Bali, Jangan Sampai Tekor di JalanIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Ingat, perjalanan ke Bali adalah perjalanan lintas pulau. Alhasil, harus ada biaya kapal feri yang dikeluarkan dari Pelabuhan Katapang ke Pelabuhan Gilimanuk. Rincian biayanya, kapal feri membutuhkan ongkos sebesar Rp182.500.

Begitulah ongkos perjalanan roadtrip Jakarta-Bali. Perhitungan di atas hanya berupa penghitungan satu kali perjalanan saja. Untuk pulang-pergi, penghitungan tinggal dikali dua saja.

Baca Juga: Sudah Cek 3 Hal Ini Sebelum Road Trip?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya