Comscore Tracker

4 Cara Membersihkan AC Mobil Sendiri 

Cara membersihkan AC mobil sendiri dari rumah dengan mudah!

Jakarta, IDN Times - Penggunaan air conditioner (AC) mobil penting untuk menyejukkan udara di dalam kendaraan saat perjalanan. Karena sering digunakan, AC mobil rentan mengalami kerusakan seperti evaporator yang kotor.

Hal ini dapat menyebabkan AC tidak dingin dan menimbulkan bau. Maka dari itu, AC mobil perlu dibersihkan dan dirawat secara teratur agar bisa bekerja secara maksimal. Lalu, bagaimana cara membersihkan AC mobil?

Ternyata membersihkan AC mobil bisa dilakukan sendiri di rumah, lho! Berikut beberapa cara membersihkan AC mobil sendiri dengan mudah di rumah.

1. Cari dulu posisi evaporator

4 Cara Membersihkan AC Mobil Sendiri Pixabay

Komponen evaporator pada AC berfungsi untuk menurunkan suhu udara dengan cara mengubah freon cair ke selang-selang kecil menjadi bentuk gas yang dapat membuat ruangan menjadi sejuk dan dingin. Untuk membersihkan AC mobil, anda perlu mengetahui letak evaporator agar dapat membersihkan evaporator AC mobil.

Saat ingin membersihkan evaporator, perhatikan beberapa hal seperti lingkungan sekitar saat membersihkan mobil, mematikan mesin mobil, menyiapkan peralatan pembersih, dan mengetahui letak saluran udara blower.

Baca Juga: Begini Nasib Mobil-mobil Made in Indonesia  

2. Gunakan cairan pembersih khusus

4 Cara Membersihkan AC Mobil Sendiri blog.kliknclean.com

Untuk membersihkan AC mobil, kamu perlu menggunakan cairan pembersih khusus yang banyak dijual di bengkel atau toko otomotif. Untuk memudahkan penggunaan, kamu bisa memilih cairan pembersih berbentuk spray dengan kandungan foam.

Penggunaan cairan pembersih ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menyemprot cairan yang ke dalam blower AC. Setelah itu nyalakan AC mobil hingga suhu dan embusan angin yang maksimal. Ketika evaporator mobil mengeluarkan embun, arahkan selang cairan pembersih ke bagian blower dan biarkan menyebar.

Cairan ini nantinya akan membentuk foam atau busa dan akan keluar dari lubang ventilasi yang ada di kolong mobil. Selesaikan proses ini hingga busa-busa tersebut habis.

Baca Juga: Bikin Perjalanan Gak Nyaman, Ini 5 Penyebab AC Mobil Gak Dingin!

3. Membersihkan evaporator dari kotoran

4 Cara Membersihkan AC Mobil Sendiri ilustrasi AC mobil kotor(wuling.id)

Cara membersihkan AC mobil berikutnya adalah dengan menguras kotoran yang ada dalam evaporator mobil. Sebelum membersihkan evaporator, pastikan selang ventilasi tidak tersumbat agar pembuangan sisa kotoran tetap lancar.

Cara yang satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan lidi atau beda tumpul lainnya dan tusukkan ke dalam selang, sogok hingga bersih dan pastikan tidak ada sumbatan di dalam selang.

Ketika sudah dibersihkan, pastikan bahwa AC sudah berfungsi dengan normal dan suhu kembali menjadi dingin. Lalu, pasang kembali filter yang sudah dibersihkan dan laci dasbor ke tempatnya.

4. Rajin membersihkan mobil

4 Cara Membersihkan AC Mobil Sendiri ilustrasi mobil kotor karena puntung rokok (motoringresearch.com)

Agar AC mobil terawat dan tidak perlu sering dibersihkan, ada cara untuk mencegah kerusakan AC mobil. Kamu hanya perlu rajin-rajin membersihkan ruang-ruang di sekitar AC mobil.

Debu menjadi salah satu hal utama yang dapat merusak dan menghambat kinerja evaporator. Apabila terlalu banyak debu yang terhisap evaporator, kerja sirkulasi AC akan tidak lancar dan dapat mempengaruhi suhu. 

Evaporator yang tertutup kotoran dapat menjadi beku, sehingga embusan angin tidak dapat keluar. Embun yang dihasilkan freon akan berubah menjadi gumpalan es, sehingga saluran akan mampat, pipa AC diselimuti es, dan blower tidak akan mengeluarkan embusan angin.

Selain itu, jika evaporator tidak berfungsi secara maksimal, maka beban kerja kompresor akan meningkat dan mesin mobil akan menjadi panas.

Maka dari itu, supaya kamu gak harus membersihkan AC mobil terus menerus, kamu harus rajin membersihkan area sekitar AC mobil. Kamu bisa memulainya dengan cara tidak merokok dalam mobil, tidak terlalu sering membuka jendela saat sedang jalan dalam keadaan AC menyala, dan membersihkan area sekitar dari debu sesudah melakukan perjalanan.

Itu dia beberapa cara membersihkan AC mobil yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah. Lakukan tips-tips tersebut agar AC mobil tetap terawat, ya!

Baca Juga: 10 Tips biar AC Mobil Lebih Awet, Gak Perlu Keluar Uang!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya