Comscore Tracker

5 Fungsi Kamera Mobil, Bukan untuk Selfie!

Kamera mobil bukan untuk sekadar gaya

Jakarta, IDN Times - Banyak asesori yang bisa kamu beli untuk menambah fungsi mobilmu, salah satunya adalah kamera. Kamera mobil antara lain berfungsi menambah keamanan berkendara. Sebab kamera akan merekam semua kejadian saat kamu menyetir.

Dengan kamera tersebut misalnya kamu bisa merekam kecelakaan baik yang melibatkan kamu maupun orang sekitar. Oleh karena itu, di luar negeri, penggunaan kamera di dalam mobil sudah menjadi hal yang umum karena memiliki banyak manfaat.

Tidak hanya untuk keamanan, berikut 5 fungsi kamera mobil yang perlu kamu ketahui.

1. Mengawasi kondisi di dalam mobil

5 Fungsi Kamera Mobil, Bukan untuk Selfie!cintamobil.com

Akhir-akhir ini kasus pencurian pada kendaraan bermotor baik motor atau mobil marak terjadi. Kejadian tersebut bisa saja terjadi ketika pemilik sedang memarkirkan kendaraannya. Adanya kamera di dalam mobil sangat berguna untuk merekam aktivitas mencurigakan tersebut. Kamu bisa menghubungkan kamera dengan handphone agar bisa memantau segala aktivitas yang ada di sekitar mobil.

Dengan kamera mobil yang terhubung dengan handphone, kamu bisa langsung mengetahui jika ada hal yang mencurigakan. Kamu juga bisa jadikan rekaman kamera sebagai bukti adanya tindak kejahatan.

Oleh karena itu, fungsi kamera di dalam mobil ini menjadikan pentingnya memasang kamera agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mencoba Motor Listrik Alva One di GIIAS 2022, Begini Rasanya

2. Sebagai bukti kecelakaan lalu lintas

5 Fungsi Kamera Mobil, Bukan untuk Selfie!ilustrasi melanggar lalu lintas (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Karena kamera dapat merekam segala kejadian pada mobil, fungsi selanjutnya adalah sebagai bukti kecelakaan lalu lintas. Kamu tidak tahu kapan dan di mana kecelakaan bisa terjadi. Dengan adanya kamera, bisa menjadi bukti yang lebih akurat dan dapat dianalisis ketika kecelakaan itu terjadi. Kamu dan pihak berwenang bisa mengetahui apa penyebab dan bagaimana kecelakaan itu terjadi.

Namun, yang paling penting adalah tetap patuhi aturan keselamatan berkendara, agar bisa mencegah kecelakaan terjadi.

Baca Juga: Ini Pentingnya Pasang Dashcam di Mobil

3. Bukti asuransi

5 Fungsi Kamera Mobil, Bukan untuk Selfie!Ilustrasi Pentingnya Membaca Ketentuan (oleh Mercy)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa di luar negeri penggunaan kamera pada mobil menjadi hal umum. Fungsi lain kamera mobil adalah sebagai syarat untuk klaim asuransi.

Kamera menjadi alat untuk merekam kejadian pada mobil. Dengan adanya rekaman dari kamera mobil, pihak asuransi lebih mudah menganalisa untuk menentukan kelayakan pengklaiman asuransi. Hal ini tentu menguntungkan kedua belah pihak, baik dari pihak asuransi maupun dari pihak pemilik mobil.

4. Menjamin keselamatan pengemudi

5 Fungsi Kamera Mobil, Bukan untuk Selfie!Unsplash/Brian Erickson

Pada kamera-kamera modern, disematkan fitur sensor yang dapat mendeteksi gerakan dan guncangan. Ketika pengendara keluar dari jalurnya, kamera akan mengirimkan sinyal bahwa mobil di luar jalur. Dengan adanya sinyal tersebut, pengendara bisa kembali ke jalur yang seharusnya.

Selain itu, kamera juga bisa merekam secara otomatis ketika ada benda yang bergerak di dekat mobil maupun terdapat goncangan. Sensor-sensor tersebut dapat bekerja meski mobil dalam keadaan mati atau sedang parkir.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di Mobil

5. Merekam kejadian tidak terduga

5 Fungsi Kamera Mobil, Bukan untuk Selfie!Pexels/Kei Scampa

Seperti kecelekaan, kejadian tidak terduga juga bisa terjadi kapan dan di mana saja. Seperti misalnya pelanggaran lalu lintas. Dengan adanya rekaman video pada kamera mobil, bisa membantu pihak berwenang dalam menindak hal tersebut.

Tidak hanya itu, kejadian seperti bencana alam juga bisa saja tiba-tiba terjadi. Semua hal tersebut dapat terekam oleh kamera mobil. Dan bisa saja kamera mobilmu merekam kejadian langka yang jarang terjadi, dan kamu tidak perlu repot mengeluarkan gawai untuk merekamnya.

Itulah fungsi kamera mobil yang tidak hanya menjadi aksesoris semata. Lebih dari itu, karena fungsinya lebih banyak berkaitan dengan keamanan dan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, penting untuk kamu memasang kamera pada mobil demi keselamatan.

Temukan informasi menarik seputar otomotif lainnya hanya di IDN Times. Kamu juga bisa temukan informasi dan tips seputar motor yang sayang untuk kamu lewatkan.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: 3 Aksesoris Motor Murah Tapi Bikin Aman 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya