Comscore Tracker

5 Tempat Belajar Mobil Ini Cocok Banget Bagi Pemula

Tetap berhati-hati dan didampingi dengan yang sudah ahli

Jakarta, IDN TimesBelajar mobil tentu membutuhkan lahan atau jalanan yang mendukung. Sebab lahan dan jalan yang mendukung akan meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

Selain itu kamu juga akan lebih leluasa belajar dan pada akhirnya lebih cepat bisa. Nah, berikut lima tempat belajar mobil yang cocok digunakan bagi para pemula. Simak informasinya berikut ini!

1. Lapangan luas

5 Tempat Belajar Mobil Ini Cocok Banget Bagi PemulaIlustrasi Lapangan Luas (unsplash.com/Christian Widell)

Tempat belajar mobil yang pertama adalah lapangan luas. Kamu bisa menggunakan lapangan di sekitar tempat tinggal sebagai arena untuk belajar mengendarai mobil. Lapangan memiliki ukuran yang sangat luas, sangat cocok bagi para pemula untuk belajar mengendarai mobil dengan lebih leluasa.

Lapangan yang biasa digunakan untuk sepak bola akan sangat cocok untuk tempat belajar mobil bagi para pemula. Permukaannya yang tergolong datar akan memudahkan para pemula dalam belajar mengendarai mobil.

Baca Juga: 3 Keuntungan Belajar Nyetir Mobil di Tempat Kursus Mengemudi

2. Jalanan kompleks perumahan

5 Tempat Belajar Mobil Ini Cocok Banget Bagi PemulaIlustrasi Jalan Komplek Perumahan (unsplash.com/FilterGrade)

Kalau kamu sudah cukup lancar menyetiri di lapangan atau lahan kosong, kamu bisa mencoba mencicipi jalanan kompleks yang agak kosong. Jalanan kompleks perumahan biasanya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan jalan raya, karena itu jangan melaju dengan kecepatan tinggi.

Waktu yang tepat bagi kamu belajar mengendarai mobil di jalanan komplek perumahan adalah saat pagi menjelang siang di hari kerja. Pada waktu tersebut, mayoritas masyarakat perumahan sedang sibuk beraktivitas di luar rumah.

Sehingga jalanan akan lebih luang dan kamu pun akan lebih leluasa saat berkendara. Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati, ya!

3. Parkiran yang luas

5 Tempat Belajar Mobil Ini Cocok Banget Bagi PemulaIlustrasi Parkiran yang Luas (unsplash.com/Tim Meyer)

Tempat belajar mobil yang ketiga adalah parkiran yang luas. Tempat parkiran yang luas merupakan lokasi yang cocok untuk belajar mengemudi mobil bagi para pemula. Di sini kamu juga dapat belajar bagaimana memarkirkan mobil yang baik dan benar, karena parkiran memiliki penunjuk yang jelas mengenai lokasi parkir yang diharuskan.

Namun kamu juga perlu berhati-hati saat berkendara di tempat belajar mobil ini. Parkiran seringkali memiliki permukaan yang agak licin serta memiliki tanjakan yang cukup berbahaya bagi para pemula. Selain itu, pastikan memilih parkiran yang kosong sehingga kamu tidak akan menganggu pengemudi lain dalam memarkirkan mobilnya.

4. Kompleks stadion

5 Tempat Belajar Mobil Ini Cocok Banget Bagi PemulaIlustrasi Komplek Stadion (unsplash.com/Porter Raab)

Tempat belajar mobil yang keempat adalah komplek stadion. Tempat ini memiliki jalanan yang relatif luas, sangat cocok bagi para pemula untuk belajar mengendarai mobil dengan lebih leluasa. Selain itu, di hari-hari biasa tempat ini biasanya cukup sepi. Sehingga para pemula yang sedang belajar bisa lebih tenang saat mengendarai mobil.

Namun, ada beberapa komplek stadion yang dijaga oleh pengaman dan tidak boleh sembarang orang masuk. Sehingga pastikan kompleks stadion yang akan anda datangi terbuka untuk umum.

5. Jalan raya

5 Tempat Belajar Mobil Ini Cocok Banget Bagi PemulaIlustrasi Jalan Raya (unsplash.com/Rifki Kurniawan)

Tempat belajar mobil yang terakhir adalah jalan raya. Karena diperuntukkan untuk jalan umum, tentu disini kamu akan belajar bagaimana mengemudi secara langsung di medannya. kamu bisa belajar bagaimana berkendara sesuai dengan aturan lalu lintas, menghadapi tekanan saat di jalan, hingga mengelola emosi dalam berkendara.

Namun, untuk berlatih di tempat belajar mobil yang satu ini kamu sudah harus mahir. Karena jika kamu kurang mahir, hal tersebut dapat menganggu kenyamanan orang lain dalam berkendara dan yang paling parah lagi bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, pastikan juga untuk didampingi dengan orang yang sudah sangat mahir mengemudi mobil di jalan raya.

5 tempat tadi sangat cocok bagi kamu yang masih belajar dalam mengendarai mobil agar kemampuan berkendara menjadi lebih mahir. Akan tetapi di mana pun kamu belajar berkendara, pastikan untuk selalu didampingi dengan yang lebih ahli serta selalu berhati-hati saat berkendara. Selamat belajar!

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya