Comscore Tracker

5 Motor Paling Irit Bahan Bakar, Ada yang Masuk Rekor MURI

Adakah pilihanmu?

Gak mengeherankan jika sepeda motor menjadi kendaraan paling diminati. Sebab, selain praktis banget, konsumsi sepeda motor juga sangat irit. Sehingga kita bisa bepergian dan beraktivitas tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Nah, berikut pilihan motor yang beredar di Indonesia dengan konsumsi bensin paling irit tapi tetap keren karena desainnya yang sangat menarik. Simak, ya!

1. Suzuki Nex FI

5 Motor Paling Irit Bahan Bakar, Ada yang Masuk Rekor MURISuzuki FI (www.suzuki.co.id)

Sepeda motor irit pertama adalah Suzuki Nex FI. Sepeda motor ini bahkan mendapat rekor dari MURI sebagai sepeda motor paling irit di Indonesia. Suzuki Nex FI ditenagai oleh teknologi SUPER F1 (Suzuki Performance Fuel Injection). Mesin memiliki perpindahan 113 cc dan dapat mencapai jangkauan 109,8 km per liter.

Keunggulan lainnya adalah desainnya yang ramping dan ringan, dimensinya hanya 1.045 x 675 x 1.890 mm dan berat 93 kg. Pilihan warna mulai dari bordeaux red dan stellar blue.

Suzuki Nex FI juga dilengkapi dengan sistem easy-start. Sistem ini membuat menghidupkan mesin lebih mudah. Ada juga pengisi daya USB untuk mengisi daya perangkat saat bepergian. Sistem pencahayaan menggunakan LED untuk memaksimalkan visibilitas di malam hari. Daya yang dihasilkan adalah 9.25 hp pada 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm.

Baca Juga: Dear Suzuki, Kapan 3 Motor Suzuki Ini Masuk Indonesia?

2. Honda Vario 150

5 Motor Paling Irit Bahan Bakar, Ada yang Masuk Rekor MURIHonda Vario 150 (instagram.com/varioholicindonesia)

Urutan kedua ditempati oleh Honda Vario 150 yang mampu mencapai 46,9 km/liter, mesin yang dilengkapi dengan fungsi ISS dan mesin SOHC 149 cc satu silinder berpendingin cairan, sedangkan tenaga yang dihasilkannya mencapai 13,1 hp di 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm pada 5.000 rpm.

Panel display lengkap dan memiliki voltmeter, berguna untuk memantau status tegangan baterai. Dimensi sepeda ini sekitar 1.919 x 679 x 1.062 mm dan jarak sumbu roda 1.280 mm.

Sementara ketinggian jok dari lantai kurang lebih 769 mm, motor ini dilengkapi dengan lampu LED untuk membuat lampu kendaraan menjadi terang, ada juga smart key dan fungsi start ACG.

3. Honda Supra X 125

5 Motor Paling Irit Bahan Bakar, Ada yang Masuk Rekor MURIHonda Supra X 125 (shopee.co.id)

Selain Honda Vario 150, ada juga Honda Supra X 125 yang dikatakan irit di kelas transmisi manual. Pilihan warna adalah Energetic Red dan Quantum Matte Black. Dimensinya sekitar 1.918 x 709 x 1.101 mm dan beratnya 106 kg.

Karakteristik teknologi yang digunakan adalah mesin PGM FI injeksi 4-tak SOHC 1 silinder dengan perpindahan 124,89 cc. Konsumsi bensin mencapai 57,2 km/l dengan sistem ECE R40.Tenaganya menghasilkan torsi 9,3 Nm pada 4.000 rpm dan 9,96 hp pada 8.000 rpm.

3. Yamaha NMAX 155

5 Motor Paling Irit Bahan Bakar, Ada yang Masuk Rekor MURIyamaha nmax 155 (instagram.com/j4cklim)

Motor irit berikutnya adalah Yamaha NMAX 155. Didukung teknologi Blue Core dan VVA yang meningkatkan performa kendaraan. Teknologi ini juga bisa menghemat bahan bakar. Selain itu, dilengkapi dengan sistem injeksi pembakaran. Tampilan speedometer sudah full digital agar terlihat lebih modern.

Ada 4 pilihan warna yang tersedia antara lain matte red, matte blue, black gold dan prestige silver. Yamaha NMAX 155 memiliki fungsi Y-Connect untuk menghubungkan ponsel dengan sepeda motor. Bagasinya cukup luas dan ada konsol penyimpanan di depan. Ada suspensi belakang berbentuk tabung untuk membantu dengan kapasitas peredam guncangan.

5. Honda Scoopy

5 Motor Paling Irit Bahan Bakar, Ada yang Masuk Rekor MURIHonda Scoopy (instagram.com/scoopy.asik)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Honda Scoopy disebut-sebut sebagai motor irit bahan bakar. Sepeda motor ini mampu menempuh jarak 59 km per liter. Perpindahannya adalah 110cc dan berpendingin udara. Honda Scoopy menghasilkan 9,1 PS pada 7.500 dan teknologi eSP, sedangkan torsinya mencapai 9,4 Nm pada 6.000 rpm.

Dari segi desain, memiliki tampilan yang ramping dan siluet S di sisi bodi, dilengkapi dengan sistem tanpa kunci untuk meminimalkan pencurian, bagasi berukuran 15,4 liter sementara tangki bahan bakar mencapai 4,2 liter. Ada juga mode Eco atau sistem ISS dan sistem pengereman gabungan pada Honda Scoopy.

Itulah 5 motor paling irit bensin yang cocok untuk perjalanan jauh. Dari kelima motor irit di atas kamu lebih pilih yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Fitur Motor Scoopy, Wajib Diketahui Pengguna Motor Scoopy

Wisnu Ariansyah Photo Verified Writer Wisnu Ariansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya