Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Soal Limosin Terbaru Presiden Rusia

#AutakAtik Limosin anti peluru nih

Presiden Rusia Vladimir Putin baru saja memperkenalkan mobil barunya yakni limosin Aurus. Sebelumnya diketahui bahwa mobil kepala negara yang tengah menjadi tuan rumah Piala Dunia itu adalah Mercedes S600 Pullman.

Namun setelah mengecap teknologi canggih dari mobil keluaran pabrikan Jerman itu, Putin memilih untuk menggunakan mobil baru. Mobil itu diperkenalkan saat inagurasi pada Mei lalu.

1. Limosin Aurus merupakan produk dalam negeri Rusia 

5 Fakta Menarik Soal Limosin Terbaru Presiden RusiaDW.com

Rusia bukan dikenal sebagai negara produsen mobil. Oleh sebab itu Presiden Rusia sebelum Putin juga kerap menggunakan mobil merek luar negeri seperti Cadillac hingga Mercedes. Sebelumnya juga Putin menggunakan Mercedes S-Class Pullman yang merupakan mobil Jerman dengan kecanggihan tinggi.

Namun dengan adanya Limosin Aurus, Putin jadi presiden Rusia pertama yang menggunakan mobil hasil produksi dalam negeri. Menurut Putin, menggunakan produk dalam negeri merupakan bentuk patriotik dan kecintaan pada produk lokal.

2. Rusia Habiskan $195 juta untuk pengembangan mobil ini 

5 Fakta Menarik Soal Limosin Terbaru Presiden Rusiaautoblog.com

Proyek pengadaan mobil bagi Putin ini menghabiskan $ 195 juta sejak pengembangan awal yang dimulai pada tahun 2012. Seluruh komponen dalam mobil ini disebut diproduksi seutuhnya di Rusia.

Ini juga menjadi langkah awal yang menawan bagi industri otomotif Rusia untuk menjadi produsen mobil seperti Jerman, Amerika atau Jepang. Rencananya, Rusia tak hanya akan memproduksi satu mobil ini saja. Tahun depan Rusia akan mulai memproduksi mobil untuk dipasarkan.

3. Anti peluru 

5 Fakta Menarik Soal Limosin Terbaru Presiden RusiaSpuntiknews.com

Limosin Cortege milik Presiden Putin ditutupi dengan baja berlapis dan tentunya anti peluru. Limosin ini memiliki berat total enam ton. Mobil baru ini pun langsung diperkenalkan pada Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed Al Nahyan saat berkunjung ke Rusia beberapa waktu lalu.

4. Mesin mobil hasil kerja sama dengan Porsche 

5 Fakta Menarik Soal Limosin Terbaru Presiden Rusiasputniknews

Mesin pada limosin terbaru Putin dikembangkan berdasarkan kerja sama dengan produsen mobil sport Jerman Porsche. Pemerintah mendukung proyek limusin dengan dana 12,4 miliar rubel (€ 164 juta atau $ 195 juta) dalam bentuk subsidi. Dapur pacu limosin ini didukung dengan mesin V12 6.6 liter, dengan dilengkapi dengan 860 horsepower.

Pengembangan mobil khusus untuk orang nomor satu di Rusia itu sudah dilakukan sejak tahun 2012. Artinya dibutuhkan sekitar 6 tahun untuk menghasilkan mobil yang tepat untuk Presiden Vladimir Putin. Limusin ini diproduksi oleh pusat penelitian Rusia yang dikenal dengan nama NAMI.

5. Kombinasi warna hitam dan krom  

5 Fakta Menarik Soal Limosin Terbaru Presiden Rusiaautoblog

Limosin terbaru Putin ini dicat dengan warna hitam seperti mobil sebelumnya. Namun dikombinasi dengan gril krom berbentuk persegi, lampu depan persegi panjang, aksen krom di sepanjang jendela dan panel rocker serta lampu berkedip yang memancar dari dekat pelat nomor.

Selain itu, mobil ini disebut-sebut juga mengusung berbagai teknologi terkini yang tak kalah canggih dari mobil Putin sebelumnya atau mobil kepala negara lainnya.

R Malee Photo Community Writer R Malee

Penulis lepas yang jarang berbuat baik. Silahkan baca, kalau suka silahkan like.....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You