Comscore Tracker

5 Mobil Hatchback Lawas Ini Masih Jadi Idola, Ada yang Diburu Kolektor

Salah satunya Mazda Astina

Jakarta, IDN Times – Kalau ada mobil yang paling praktis buat diajak wara-wiri di jalanan perkotaan, mobil tersebut pastilah sebuah hatchback. Sebab dimensinya imut, membuat lincah saat bermanuver di kemacetan. Selain itu mobil jenis ini juga irit bahan bakar.

Memang sih kabinnya gak begitu luas, tapi mobil ini memang bukan diperuntukkan buat mengangkut keluarga besar. Jadi cocok baget buat keluarga muda atau buat kamu yang masih sendiri. 

Apalagi harga hatchback bekas lansiran tahun 1990-2000-an kini gak mahal lagi. Nah, berikut hatchback-hatchback lawas yang masih bisa membuat orang melirik.

1. Honda Civic Estilo

5 Mobil Hatchback Lawas Ini Masih Jadi Idola, Ada yang Diburu Kolektorolx.co.id

Mobil ini diproduksi antara 1991–1995. Sangat populer pada zamannya. Tak hanya desainnya yang sedikit gemuk dan sporty, mesin mobil ini juga berkapasitas 1600cc yang mampu menghasilkan tenaga 120 hp. Cukup gahar.

Nah, karena tren hatchback juga semakin memanas di Indonesia terutama untuk yang JDM (Japan Domestic Market), mobil ini juga akhirnya kembali populer, dan harganya masih berada di atas Rp 100 jutaan.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi VW Scirocco,  Hatchback Tercepat di Kelasnya

2. Honda Civic Nouva

5 Mobil Hatchback Lawas Ini Masih Jadi Idola, Ada yang Diburu Kolektorhonda-tech.com

Masih di pabrikan yang sama, Honda Civic Nouva juga menjadi salah satu mobil hatchback 90-an yang populer di kalangan masyarakat.

Memang sih mobil ini sedikit lebih tua dibandingkan dengan Estilo, tapi bodinya juga cukup sporty di eranya, apalagi dengan tampilan dua pintunya.

Sekarang, mobil ini kembali menjadi buruan juga lho, biasanya dijadikan bahan untuk modifikasi.

3. Toyota Starlet

5 Mobil Hatchback Lawas Ini Masih Jadi Idola, Ada yang Diburu Kolektorolx.co.id

Bagaimanapun dan apa pun modelnya, yang namanya Toyota Starlet sudah menjadi idola masyarakat sejak awal perilisannya di Indonesia, baik itu dalam versi mesin biasa atau Starlet menggunakan turbo, seperti Starlet GT.

Sampai sekarang, Toyota Starlet masih sering terlihat berjalan dengan indahnya di jalan raya di Indonesia, terlebih lagi untuk Starlet keluaran tahun 80-an akhir dan 90-an, seperti Starlet SEG atau GT.

4. Suzuki Amenity/Eleny

5 Mobil Hatchback Lawas Ini Masih Jadi Idola, Ada yang Diburu Kolektorolx.co.id

Terserah pada kalian mau menyebut mobil ini dengan nama yang mana, tapi yang jelas mobil hatchback satu ini juga menjadi idola masyarakat saat perilisannya karena ukurannya yang super kecil cocok banget buat berjalan-jalan di tengah kota.

Beberapa mobil ini juga masih terlihat berjalan dengan gagah, meskipun tidak sebanyak hatchback jadul lainnya.

5. Mazda Astina

5 Mobil Hatchback Lawas Ini Masih Jadi Idola, Ada yang Diburu Kolektorgoauto.com.au

Mobil satu ini berbeda dengan hatcback kebanyakan. Sebab lampu depan mobil bisa berkedip alias pop-up. Sangat canggih pada eranya. Saat ini Mazda Astina masih menjadi buruan para kolektor mobil klasik, karena itu harganya menjadi abu-abu. Semakin bagus kondisinya, semakin mahal pula harganya.

Baca Juga: Perang Hatchback Warnai Pameran Otomotif GIIAS 2019

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya