Comscore Tracker

Ini 4 Kendaraan Khusus Buat Tim Penyelamat Bencana

Wah keren-keren nih pasti!

Jakarta IDN Times – Indonesia sedang berduka. Agustus lalu, gempa 6,4 SR menggoyang Lombok, membuat puluhan orang tewas. Tak lama berselang, pada Jumat pekan lalu, gempa berkekuatan 7,4 SR menghantam Kabupaten Donggala dan Kota Palu, membuat ratusan orang tewas.

Indonesia memang rawan gempa. Banyaknya gunung berapi di tanah air menjadi salah satu faktor penyebabnya. Karena itu kesiapsiagaaan warga dan pemerintah mutlak diperlukan. 

Transportasi khusus untuk penyelamatan pun menjadi satu hal yang wajib dimiliki pemerintah. Nah berikut alat transportasi yang biasa dikerahkan untuk menyelamatkan para korban bencana:

1. Hagglund

Ini 4 Kendaraan Khusus Buat Tim Penyelamat BencanaIndotrucker

Indonesia memiliki 4 unit Hagglund, yaitu 2 milik Palang Merah Indonesia (PMI) dan 2 milik Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kendaraan ini menggunakan roda rantai akan bisa bergerak di medan yang ektrem sekali pun. 

Lalu pada bagian belakang mobil ini telah dilengkapi dengan bak terbuka agar dapat membawa barang-barang yang berukuran besar dengan daya angkut maksimal 2.500kg.

Baca Juga: Korban Gempa dan Tsunami Donggala-Palu Bertambah Jadi 844 Jiwa

2. Truck

Ini 4 Kendaraan Khusus Buat Tim Penyelamat BencanaBasarnas

Truk penyelamat hampir dimiliki oleh setiap Tim SAR di Indonesia di setiap daerah. Terdapat dua jenis truk untuk membantu di daerah bencana yaitu truk yang membawa personel atau membawa korban pengungsi dan juga truk yang membawa peralatan untuk membantu korban berencana. 

Truk ini dapat membawa peralatan seperti peralatan evakuasi, peralatan masak, generator, gergaji mesin dan masih banyak lagi.

3. Jeep (Rescue Car)

Ini 4 Kendaraan Khusus Buat Tim Penyelamat BencanaBasarnas

Mobil yang biasa digunakan untuk membantu korban bencana adalah mobil dengan jarak antara mobil dengan tanah yang cukup tinggi. Mobil ini biasanya bertipe jeep dengan kapasitas 5 orang atau bisa juga dilengkapi dengan bak terbuka untuk membawa peralatan atau kebutuhan untuk bencana.

4. Motor trail

Ini 4 Kendaraan Khusus Buat Tim Penyelamat BencanaBasarnas

Motor yang digunakan saat bencana adalah jenis motor trail. Motor ini memiliki jarak dengan tanah yang cukup tinggi dan knalpot motor ini cenderung berada di atas jadi tidak mudah kemasukan air. Tidak hanya itu, ban motor bertipe pacul ini juga cocok digunakan medan berlumpur.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Membantu Korban Gempa & Tsunami Donggala-Palu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You