Comscore Tracker

Bergaya Klasik Ala Royal Enfield: Ini Kelebihan dan Kekurangannya  

Royal Enfield termasuk yang termurah di kelasnya

Jakarta, IDN Times - Motor-motor berdesain klasik agaknya tengah naik daun. Ini bisa dilihat dari banyaknya pabrikan motor yang bermain di pasar ini. Kawasaki misalnya punya varian W175 yang retro banget.

Sementara Honda juga kabarnya akan meluncurkan CB 150R ExMotion yang kental banget aura klasiknya. Satu lagi pemain yang selama ini konsisten dengan desain klasik: Royal Enfield. 

Royal Enfield banyak digemari karena desainnya yang murni klasik. Melihat motor ini kita seolah diseret ke era 60-70-an. Namun, selain karena desainnya yang klasik banget, ada beberapa kelebihan lain yang membuat Royal Enfield begitu memikat.

Nah, berikut kelebihan dan kekurangan motor satu ini.

1. Torsi besar enak buat dibejek

Bergaya Klasik Ala Royal Enfield: Ini Kelebihan dan Kekurangannya  ndtv.com

Salah satu kelebihan pada merek motor ini adalah torsinya yang sangat besar. Motor satu silinder ini semua variannya memiliki mesin di atas 300 cc dan diklaim bisa menghasilkan torsi maksimal 28 Nm. Pastinya dengan torsi yang besar bisa membuat pengendara selalu ingin berakselerasi di jalanan ya, guys. 

Baca Juga: Naik Royal Enfield Darius & Donna Jelajahi Jalanan Tertinggi di Dunia

2. Getaran mesin berlebih

Bergaya Klasik Ala Royal Enfield: Ini Kelebihan dan Kekurangannya  royalenfield.com.au

Royal Enfield terkenal dengan getaran mesin. Getaran yang menjalar ke setang tentu saja akan membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang. Bahkan getaran yang berlebih bisa membuat baut-baut menjadi longgar. Ini, tentu saja, bisa membahayakan.

3. Sangat minim fitur

Bergaya Klasik Ala Royal Enfield: Ini Kelebihan dan Kekurangannya  royalenfield.com.au

Motor yang terkenal sejak tahun 1901 ini ternyata memiliki kekurangan lain, yakni minimnya fitur. Meski pada beberapa varian telah dilengkapi dengan fitur ABS tapi jika dibandingkan dengan motor yang setara, fitur-fitur pada Royal Enfield ini kalah jauh.

4. Harganya murah!

Bergaya Klasik Ala Royal Enfield: Ini Kelebihan dan Kekurangannya  royalenfield.com.au

Namun jika menilik harga, maka Royal Endfield ini termasuk yang termurah di antara motor-motor dengan kubikasi mesin yang sama. Tetapi ya itu tadi, dengan harga yang memang tidak terlalu mahal, kamu harus bisa berkompromi dengan segala kekurangan pada motor ini.

Baca Juga: IIMS 2019: Royal Enfield Rilis Motor Dua Silinder Pertama Sejak 1970

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You