TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mencegah Sakit Pinggang Akibat Terlalu Lama Mengendarai Motor

Anti pegal-pegal pada pinggang

unsplash.com/Cameron Kirby

Motor adalah kendaraan yang fleksibel untuk segala kondisi, terutama di kota besar yang sarat kemacetan. Kemudahan mengendarai motor jadi kelebihan sehingga nyaris pengguna jalanan di dominasi oleh pengendara bermotor.

Namun, mengendarai motor tak selalu menyenangkan. Apalagi ketika kamu mengendarai motor dalam waktu yang lama, sesekali pasti mengalami kram tangan, nyeri pada bagian punggung atau pinggang.

Ditambah dengan kondisi jalanan yang macet, sakit semakin terasa yang mana membuatmu berkendara jadi tak leluasa. Berikut ini lima cara supaya kamu tidak mudah sakit pinggang selama berkendara motor, simak ya!

1. Melakukan peregangan singkat selama beberapa menit

unsplash.com/Shajan Jacob

Sebelum atau sesudah naik motor, disarankan untuk sejenak melakukan peregangan badan supaya otot tidak kaku dan tegang. Peregangan sederhana selama 5-10 menit akan membuat badan lebih rileks selama berkendara. Setidaknya akan mengurangi risiko agar kamu tidak mengalami sakit pinggang. 

2. Pastikan minum air putih yang cukup dan selalu konsumsi makanan sehat

gourmante.com

Tak hanya sakit pinggang, pengendara motor juga rentan keanginan dan terpapar polusi udara lebih lanjut. Sebab itu, perhatikan pola makananmu ya. Selalu konsumsi makanan bergizi dan perbanyak minum air putih agar badan tetap fit dan sehat. Makanan yang mengandung protein sangat dianjurkan agar otot tetap kuat.

Baca Juga: 10 Tips Biar Ban Motormu Tahan Lama

3. Selalu sedia obat-obatan atau krim pereda nyeri

theconversation.com

Sakit pinggang tak bisa diprediksi. Bisa saja sebelum berangkat kamu baik-baik saja, tapi setelah sampai, pinggang terasa nyeri dan sakit. Sebab itu selalu sediakan obatan-obatan atau krim pereda nyeri sesuai anjuran dokter. Jika sewaktu-waktu nyeri pinggang kambuh, kamu bisa mengatasinya dengan tepat sehingga tak mengganggu aktivitas. 

4. Istirahat yang cukup setelah berkendara

unsplash.com/Gregory Pappas

Berkendara motor pasti menguras emosi dan stamina, apalagi kalau jalanan lagi macet-macetnya. Segera setelahnya, istirahatlah yang cukup. Biarkan badanmu mendapatkan tidur yang cukup. Agar ketika esoknya, kamu siap menjalankan aktivitas tanpa mengalami kelelahan akibat kurang istirahat.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Motor Matic Biar Tetap Awet, Terapin Deh!

Verified Writer

Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya