TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asap Putih Tebal Muncul dari Sepeda Motor Kamu, Ini Dia 5 Penyebabnya 

Jangan dianggap remeh lho, bisa berabe kalau gak ditangani!

Unsplash/Harley-Davidson

Motor 4-tak mempunyai suara yang tak terlalu bising jika dibandingkan dengan motor bermesin 2-tak yang cenderung menghasilkan polusi suara, apalagi jika sudah ganti knalpot racing. Duh, bikin ngeri dan juga asapnya knalpotnya banyak banget.

Nah, berbeda dengan motor 2-tak, sepeda motor 4-tak mengeluarkan asap putih lewat knalpot, bukan suatu hal yang wajar. Hal itu menjadi tanda awal akan kerusakan yang bakal menjalar pada part lain yang ada di dalam mesin motor kamu jika terus dibiarkan.

Terus apa sih yang menyebabkan motor mengeluarkan asap putih? Yuk disimak penyebabnya di bawah ini.

1. Seal klep

Instagram.com/berkah_motor_racingworksho

Bentuknya kecil dan terselip di dalam silinder head. Fungsinya sendiri adalah menahan oli yang melumasi batang klep dan camshaft agar tak masuk ke ruang bakar.

Nah, bisa dibayangkan saat oli merembes ke ruang bakar lewat seal klep yang sudah rusak, lalu ikut ke bakar. Jin bakal keluar lewat knalpot, gak deh. Maksudnya asap putih yang keluar dan makin menambah polusi.

2. Ring piston

Pixabay/Alexas_Fotos

Selain seal klep, part yang satu ini juga jadi biang keladi motor mengeluarkan asap putih. Bagian ini cepat longgar karena kebiasaan kamu yang suka telat atau kelamaan gak ganti-ganti oli mesin. Dan bisa juga karena memang kualitas dari bahan ring pistonnya yang memang kurang baik.

Baca Juga: 5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam Banjir

3. Piston jebol

Pixabay/6584691

Untuk penyebab yang ke-3 adalah piston sudah jebol. Piston jebol bukan hanya motor hilang kompresi yang menjadikannya susah tapi juga bisa tetap menyala, namun asap putih bakal keluar karena oli mesin juga ikut kebakar. Solusinya sih langsung bawa ke bengkel langganan ya.

4. Paking Bocor

Instagram.com/madhanpartsamarinda

Paking head yang rusak juga bisa menjadikan motor kamu mengeluarkan asap putih. Memang sih, tak banyak kasus oleh si paking ini sendiri. Tapi kan gak ada salahnya juga untuk dilakukan pengecekkan. Iya, gak?

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar pada Motor Matic, Praktikkan Segera

Verified Writer

Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya