Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar pada Motor Matic, Praktikkan Segera

Biar uang gak habis hanya untuk beli bensin

Bagi sejumlah orang, motor matic lebih disukai daripada motor manual. Kemudahan dalam penggunaan menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih motor matic daripada manual. Sayangnya, motor matic cenderung lebih boros dalam hal penggunaan bensin daripada motor manual. Padahal harga bahan bakar minyak cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Kendati saat ini sudah banyak motor matic yang dilengkapi teknologi agar penggunaan bahan bakar dapat dihemat, tapi tentu saja hal ini masih menjadi masalah bagi pengguna motor matic keluaran lama.

Tetap tenang, sebab ada beberapa trik jitu yang dapat kamu praktikkan untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada motor matic. Berikut beberapa di antaranya.

1. Jangan terlalu sering mengerem dan mengegas

5 Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar pada Motor Matic, Praktikkan Segeraunsplash.com/Yoel J Gonzalez

Kecepatan berkendara sangat memengaruhi jumlah bahan bakar yang dipakai. Di mana semakin cepat kamu berkendara, semakin banyak pula bensin yang digunakan oleh motor, yang menjadikan motor lebih boros bensin. Terlebih jika kamu ugal-ugalan dan sering ngegas secara tiba-tiba, hal ini tentunya bisa membuat bahan bakar lebih cepat habis.

Untuk itu, berkendaralah dalam kecepatan yang konsisten dan stabil serta tidak terlalu sering mengerem dan ngegas mendadak agar penggunaan bensin dapat dihemat.

2. Jangan memanaskan motor terlalu lama

5 Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar pada Motor Matic, Praktikkan Segeraunsplash.com/Emre Gencer

Aktivitas memanaskan kendaraan bermotor tentunya membutuhkan bahan bakar. Untuk itu, buat kamu yang punya kebiasaan motor sebelum menggunakannya, jangan memanaskan motor dalam waktu yang lama.

Cukup panaskan motor dalam waktu maksimal 5 menit. Sebab, makin lama waktu yang kamu gunakan untuk memanaskan motor, makin banyak bensin yang terbuang sia-sia.

Baca Juga: 5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam Banjir

3. Bersihkan filter udara secara berkala

5 Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar pada Motor Matic, Praktikkan Segeraunsplash.com/Norbu Gyachung

Tak sedikit pengguna motor matic yang kurang memerhatikan kebersihan filter udara. Padahal, kebersihan filter udara juga memengaruhi tingkat keborosan bahan bakar.

Kotornya filter udara dapat menyebabkan tersumbatnya udara ketika memasuki sistem pembakarannya lewat saluran intake. Sehingga, banyak bahan bakar yang akan terbuang sia-sia. Untuk itu, pastikan kamu rutin membersihkan bagian ini demi penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

4. Pastikan komponen pengapian selalu berada dalam kondisi prima

5 Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar pada Motor Matic, Praktikkan Segeraunsplash.com/Artem Beliaikin

Jika motor matic milikmu masih menggunakan karburator, pastikan kamu memonitor komponen pengapian secara berkala. Sebab, pengapian yang bermasalah dapat memengaruhi aktivitas pembakaran bensin.

Semakin baik kondisi komponen pengapian, maka semakin efisien pula penggunaan bahan bakar.

5. Pastikan tekanan udara pada ban selalu dalam kondisi yang pas

5 Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar pada Motor Matic, Praktikkan Segeraunsplash.com/Chuttersnap

Pastikan kamu mengecek tekanan ban minimal satu minggu sekali. Sebab, tekanan udara pada ban ternyata memengaruhi bagaimana mesin motor menggunakan bensin. Yang mana, kurangnya tekanan udara pada ban menyebabkan mesin motor harus bekerja lebih keras untuk memutar ban.

Saat mesin harus bekerja ekstra, hal ini juga akan berdampak pada banyaknya bensin yang dipakai saat berkendara.

Demikian beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan bensin pada motor matic. Tunggu apa lagi? Segera praktikkan tips di atas agar uangmu tidak lagi habis hanya untuk membeli bensin.

Baca Juga: Prediksi Tren Motor di Tahun 2020, Motor Apa yang Bakal Diminati?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya