TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sepeda BMX Ternyata Punya 3 Varian, Cek di Sini Biar Gak Salah Beli

Supaya unjuk trik jadi lebih mantap

/unsplash.com/Arseny Togulev

Jakarta, IDN Times - Desain sepeda BMX memang sederhana. Ukurannya pun relatif lebih mungil dibandingkan sepeda gunung atau road bike. Tapi soal performa dan gaya, BMX tak kalah dengan sepeda jenis lain.

Bahkan kamu bisa melakukan lebih banyak trik dengan BMX, mulai dari trik pemula hingga profesional. So, jangan pernah meremehkan BMX, ya. Oya, meski desainnya simpel, namun BMX itu ternyata ada tiga jenis, loh.

Baca Juga: Sejarah Unik di Balik BMX, Ternyata Mewarisi DNA Motocross

1. Park

allterraincycles.co.uk

BMX park biasanya digunakan untuk melahap rintangan di taman atau skatepark. Biasaya anak BMX ini berbaur dengan para pemain skateboard. Oya, skatepark umumnya memiliki rintangan yang dibangun dari beton.

BMX jenis ini menggunakan frame yang sangat ringan dan sering kali hanya dilengkapi dengan rem belakang. Sepeda untuk digunakan di skatepark biasanya memiliki tapak pada ban yang lebih sedikit, lebih tipis, dan bisa lebih halus.

2. Street

seancycles.com

BMX street biasanya digunakan oleh mereka yang suka melakukan trik dan aksi di jalan, seperti melompati trotoar dan tangga. Karena itu sepeda BMX street didesain dengan rangka yang lebih berat tapi lebih kokoh.

Selain itu rangka sepedanya cenderung lebih pendek sehingga pengendaranya lebih mudah melakukan trik seperti bunnyhop.

Pada setiap asnya umum ditemukan jalu untuk menjadi pijakan pengendara BMX ketika melakukan triknya. Sepeda BMX untuk penggunaan street juga bisa ditemukan tanpa rem.

Baca Juga: 4 Trik Dasar Freestyle BMX, Bisa Dilatih Sendiri di Rumah Lho!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya