Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menjual Motormu

Jangan asal jual, ya!

Punya rencana untuk menjual sepeda motor? Terkadang orang menjual suatu barang dengan asal-asalan, entah karena terburu-buru atau memang tidak mengerti sama sekali. Padahal menjual sepeda motor perlu banyak pertimbangan, jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari hanya karena kesalah kecil yang berujung fatal.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menjual sepeda motor, jangan sampai salah langkah, ya!

1. Harga pasaran

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menjual MotormuUnsplash.com/Kenny Luo

Hampir semua motor bekas punya harga pasaran, kamu bisa menggunakan harga tersebut sebagai patokan dalam menentukan harga jual dari sepeda motor tersebut.

Namun kamu harus mencari ke berbagai sumber, jangan sampai terpaku pada satu harga yang belum tentu tepat dan akurat. Cobalah tanya ke beberapa teman atau penjual motor bekas untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat.

2. Tempat menjual

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menjual MotormuUnsplash.com/Kenny Luo

Terkadang ini menjadi permasalahan yang cukup membingungkan, banyak orang yang kebingungan bagaimana cara menjual sepeda motor mereka agar bisa cepat laku.

Namun disini kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi, ada media sosial yang bisa kamu gunakan untuk menjual sepeda motor kamu dengan lebih mudah dan cepat.

3. Masih butuh atau tidak sepeda motor tersebut

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menjual MotormuUnsplash.com/Aliko Sunawang

Tekadang kita terlalu cepat mengambil keputusan tentang menjual barang berharga, terutama sepeda motor yang bahkan masih kamu butuhkan untuk beraktivitas.

Jadi kamu harus memastikan bahwa ada rencana lain yang sudah kamu buat setelah menjual sepeda motor tersebut, tentu agar uang hasil menjual motor bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Prediksi Tren Motor di Tahun 2020, Motor Apa yang Bakal Diminati?

4. Menentukan calon pembeli

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menjual MotormuUnsplash.com/Saveliy Bobov

Walaupun hampir semua fungsi sepeda motor itu sama, namun tetap saja setiap kalangan punya karakteristik tersendiri dalam memilih sepeda motor.

Jika kamu berniat menjual sepeda motor tertentu, setidaknya kamu harus menentukan calon pembeli yang punya rasio pembelian jauh lebih tinggi.

Jika sepeda motor kamu antik atau keluaran jaman dulu, kamu bisa menawarkan pada kolektor barang antik atau orang tua yang setidaknya suka dengan sepeda motor keluaran lama.

5. Jual murah atau jual mahal

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menjual MotormuUnsplash.com/Ondrej Trnak

Orang yang menjual sepeda motornya sendiri punya dua kemungkinan, sedang membutuhkan uang atau memang jual santai karena sudah tidak dipakai lagi.

Dari hal ini kamu bisa menentukan apakah sepeda motor kamu akan dijual murah atau mahal, tentu sesuaikan dengan kondisi kamu saat ini.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menjual sepeda motor kamu, yang terpenting adalah jangan terlalu terburu-buru supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas dengan Harga di Bawah Rp5 Juta, Masih Keren Kok!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya