Comscore Tracker

5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda Motor

Lebih irit, lebih baik bukan?

Pernahkah kamu merasa boros uang setelah menggunakan sepeda motor? Bagi yang punya banyak uang mungkin ini tidak ada artinya sama sekali, tapi bagi kamu yang berasal dari kalangan menengah ke bawah benar-benar akan terasa dampaknya.

Memang menggunakan sepeda motor cukup berisiko dalam pengeluaran uang, makanya kamu butuh tips hemat untuk mengatasi hal semacam ini. Berikut ini ada beberapa tips hemat buat kamu yang suka menggunakan sepeda motor, yuk coba sekarang juga!

1. Jika dekat, usahakan untuk selalu membeli bahan bakar di SPBU

5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda MotorPexels.com/Wendy Wei

Bahan bakar memang menjadi salah satu sumber boros kamu dalam menggunakan sepeda motor, setidaknya kamu harus mengeluarkan puluhan ribu hanya untuk sekadar mengisi bahan bakar saja. Namun ada tips hemat untuk kamu agar permasalahan ini bisa diatasi, usahakan untuk selalu membeli bahan bakar di SPBU terdekat agar harganya tidak terlalu mahal.

Memang selalu ada penjual bensin eceran di setiap sudut kota yang akan mempermudah kamu mendapatkan bahan bakar, namun sudah pasti harganya jauh lebih mahal dari harga di SPBU.

2. Lakukan perawatan sepeda motor secara rutin

5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda MotorPexels.com/Artem Beliaikin

Mungkin kamu akan berpikir bahwa ini adalah pemborosan, merawat sepeda motor secara rutin akan membuat pengeluaran menjadi semakin membengkak. Namun jika dipikir ulang, perawatan secara rutin akan mencegah terjadinya kerusakan yang sangat parah. Jika hal itu terjadi, tentu pengeluaran kamu akan jauh lebih besar bukan?

Baca Juga: 5 Tips Aman Naik Motor ala Hijaber, Pastikan Sebelum Berkendara, ya!

3. Menghindari jalanan macet

5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda MotorPexels.com/suzukii xingfu

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, apa hubungannya menghindari kemacetan dengan tips hemat berkendara? Jika kamu pikir lebih jauh lagi, pengendara motor yang terjebak macet akan menghabiskan bahan bakar jauh lebih banyak dari biasanya karena motor selalu menyala dalam kondisi diam.

Tentu ini adalah pemborosan, kamu harus mengeluarkan uang jauh lebih banyak hanya sekadar untuk membeli bahan bakar, sangat tidak efisien bukan?

4. Gunakan pelindung tubuh secara lengkap saat berkendara

5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda MotorPexels.com/Gaetan THURIN

Mungkin kamu akan protes dengan hal ini, karena pelindung tubuh secara lengkap dalam berkendara memiliki harga yang cukup mahal. Namun di mana titik hematnya?

Jika kamu berkendara, tentu ada risiko kecelakaan yang harus kamu tanggung. Jika itu terjadi, pelindung tubuh akan melindungi kamu dari cedera fatal.

Apakah kamu tahu berapa banyak biaya rumah sakit jika hal itu terjadi? Mungkin masih beruntung jika itu masih bisa disembuhkan, bagaimana jika mengalami gegar otak yang parah atau bahkan kematian? Kamu harus membayar lebih mahal.

5. Ganti semua kerusakan dengan versi aslinya

5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda MotorPexels.com/Artem Beliaikin

Ini jauh lebih tidak masuk akal lagi, mengganti semua kerusakan dengan versi aslinya membutuhkan uang yang tidak sedikit, bukannya itu juga termasuk pemborosan? Sebenarnya menghemat tidak selamanya membatasi pengeluaran, kamu harus bisa berpikir panjang bagaimana cara berhemat yang baik dan benar.

Kerusakan yang di ganti dengan versi originalnya akan membuat itu jauh lebih tahan lama dibanding yang versi tiruannya, dengan begitu kamu tidak perlu membeli lagi dalam beberapa tahun ke depan, lebih hemat bukan?

Itulah beberapa tips hemat buat kamu yang suka menggunakan sepeda motor, yakin tidak mau mencobanya?

Baca Juga: Motor Tiba-tiba Terasa Oleng, 3 Bagian Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya