Comscore Tracker

5 Alasan yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Motor

Beli motor gak boleh sembarangan lho!

Bicara soal pilihan motor, kita tentu punya pertimbangan tersendiri saat memilih kendaraan roda dua itu. Tak hanya soal merk, tapi tampilan, performa dan konsumsi bahan bakar dari motor juga jadi pertimbangan lainnya.

Dengan tingginya minat masyarakat untuk memiliki motor, banyak berbagai jenis motor di seluruh dunia dihadirkan oleh pabrikan yang menjual produknya di Indonesia. Berikut ini akan diulas pertimbangan memilih motor berdasarkan karakter motor dunia di bawah ini.

1. Motor Jepang unggul dari segi kelincahan

5 Alasan yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Motorsportku.com

Merujuk pada survei yang dilakukan oleh Consumer Reports pada 2015 tentang pertimbangan konsumen untuk membeli motor. Hasilnya, motor Jepang adalah pilihan terbaik untuk pembeli yang memprioritaskan kelincahan.

Berdasarkan kriteria tersebut, Yamaha menempati posisi teratas, diikuti oleh Suzuki, Kawasaki, dan Honda. Merk motor AS, yakni Victory dan Harley-Davidson berada di posisi tengah, dan motor Eropa dari Triumph, Ducati, dan BMW menempati posisi selanjutnya.

Menempati posisi terbawah adalah Can-Am Spyder dari Kanada berdasarkan hasil survei itu.

2. Semua pabrikan motor mempunyai masalah nyaris serupa

5 Alasan yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Motorautowise.com

Menurut koresponden Consumer Reports, motor sekuat apa pun pasti pernah mengalami kerusakan, dan biaya perbaikan dari seluruh pabrikan motor rata-rata adalah $342. Kawasaki adalah pabrikan dengan biaya perbaikan termurah, yakni $269, sementara BMW menjadi yang paling mahal dengan $455.

Pada semua pabrikan, sistem pengapian sering jadi keluhan utama, menyumbang sekitar 24 persen masalah. Sementara masalah pada sistem pendinginan, piston atau transmisi menjadi masalah kecil yang masing-masing menyumbang 4 persen masalah.

Baca Juga: Beli Motor Matik Bekas? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

3. Motor AS menjadi yang teratas dalam kepuasan ukuran

5 Alasan yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Motorharley-davidson.com

Sementara itu motor Jepang mungkin mudah untuk dikendarai di jalan, tapi tidak selalu disukai oleh semua pengendara motor. Masih dari hasil survei Consumer Reports berdasarkan kepuasan terhadap ukuran kendaraan, motor dari AS menguasai kategori ini.

Pabrikan Victory menjadi yang paling disukai, sekitar 80 persen koresponden menjawab 'Ya' ketika ditanya apakah mau membeli unit motor lain dari pabrikan itu. Pengendara Harley-Davidson yang dikenal loyal pada model pabrikan itu menempati posisi kedua dengan 72 persen. Honda melengkapinya pada posisi ketiga dengan 70 persen.

4. Motor Eropa unggul dari segi rancangan fisik

5 Alasan yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Motorducati.com

Berdasarkan rancangan tampilan fisik atau eksterior motor, pabrikan asal Eropa lebih unggul dengan bentuk menarik yang mengutamakan detail sedangkan motor Jepang dan AS lebih mengutamakan bentuk saja dibanding detail. Motor Eropa juga punya ciri khas rancangannya yang menampilkan gaya klasik modern dibandingkan dengan motor Jepang dan AS.

Motor sport paling laris di AS berasal dari Eropa, sehingga pabrikan Eropa lebih fokus mengembangkan motor jenis ini.

5. Mesin motor Jepang lebih berkualitas, mesin motor Eropa lebih tahan lama

5 Alasan yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Motorbennetts.co.uk

Ada perbedaan kapasitas dan jenis mesin yang digunakan antara varian motor Jepang dan Eropa. Motor Eropa lebih banyak menggunakan mesin 125 cc dibandingkan dengan motor Jepang dengan 150 cc. Terkait dengan kualitas komponen mesin yang dimiliki baik motor Jepang maupun motor Eropa, motor Jepang dinilai lebih baik pada kualitas mesin yang dimiliki dibanding motor Eropa. Namun motor Eropa lebih terkenal dengan mesinnya yang memiliki daya tahan yang lebih baik.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan saat memutuskan untuk membeli sebuah motor berdasarkan hasil survey Consumer Report pada 2015. Jadi, jangan asal beli motor ya!

Baca Juga: Tips Beli Motor Secara Kredit, Wajib Perhatikan Hal Ini!

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You