Comscore Tracker

5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjir

Jangan panik mengatasi motor terendam banjir!

Saat memasuki musim penghujan, salah satu kendala besar pengendara motor adalah saat terjadi banjir. Jalanan yang biasa mereka lalui dipenuhi genangan air, dan risiko terjadi motor mogok sangat besar karena terendam.

Namun, untuk banjir bukan masalah serius untuk pengendara yang tahu dasar untuk mengatasi motor yang terendam. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi motor yang terendam banjir.

1. Segera bawa motor ke daerah kering

5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjirtopgear.com.ph

Semakin cepat kamu membawa motor keluar dari air maka semakin baik. Semakin lama motor terendam, maka semakin banyak air yang masuk ke mesin. Segera bawa motor keluar dari air dan cari daerah kering yang longgar.

2. Keringkan filter udara

5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjirscooter-planet.nl

Mulai dengan membongkar filter udara dan buang air dari filter. Letakkan filter di bawah sinar matahari agar kering sembari kamu memeriksa kondisi motor.

Selanjutnya kamu harus menguras semua air dan kotoran lainnya dari airbox. Miringkan motor ke kiri agar bisa mengeluarkan air sebanyak mungkin.

3. Kuras air di knalpot

5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjiranalogmotorcycles.com

Mesin tidak akan berjalan jika knalpot motor tersumbat. Kamu perlu menguras semua air dari sistem knalpot. Posisikan motor dalam kondisi tegak, lalu angkat bagian depan motor agar air keluar dari knalpot. Ulangi prosedur ini beberapa kali untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin.

Baca Juga: Motor-motor Baru Beraroma Retro, Cocok Buat yang Gak Mau Ribet

4. Keringkan silinder

5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjirartofmanliness.com

Selanjutnya kamu perlu menguras air dari silinder. Bongkar busi sehingga air bisa keluar dari mesin. Lalu coba nyalakan motor dengan starter listrik. Jika starter listrik tidak berfungsi, maka gunakan kickstarter.

Dengan prosedur itu kamu akan melihat air memuncrat dari lubang busi selagi motor coba dinyalakan. Coba nyalakan motor berulang kali sampai kamu tidak melihat air memuncrat lagi.

5. Nyalakan mesin

5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjirrideapart.com

Saat kamu yakin telah menguras semua air yang masuk ke suku cadang motor, waktunya untuk mencoba menyalakan mesin motor. Jika mesin masih belum menyala, mungkin kamu perlu mencabut busi dan mengulang langkah 4 di atas.

Coba keringkan busi dan coba lagi nyalakan mesin motor. Sekali mesin menyala, coba panaskan mesin selama 5 menit sebelum kembali digunakan melaju.

Nah, itulah lima langkah sederhana mengatasi mesin motor yang terendam banjir. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 11 Motor Custom Ini Bisa Bikin Kamu Ilfil sama Motormu Sendiri

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya