5 Tanda Motormu Perlu Ganti Oli, Jangan Lupa Cek Ya!

Biar mesin motor tetap awet

Sangat penting untuk menjaga mesin motor menggunakan oli yang tepat, dan selalu cek kondisi oli dalam mesin apakah masih dalam kondisi yang baik. Alasannya, oli mesin punya peran vital karena fungsinya sebagai pelumas dan pendingin mesin, mencegah kerusakan mesin karena panas berlebihan.

Namun, oli dalam mesin tidak bisa terus-terusan dipakai, seiring waktu oli akan menjadi kotor dan efektivitas kandungan kimianya akan terus menurun. Jadi, berikut ini ulasan lima tanda yang mengindikasikan motormu perlu ganti oli.

1. Periksa dan lihat jika oli dalam mesin kotor dan hitam

5 Tanda Motormu Perlu Ganti Oli, Jangan Lupa Cek Ya!dansmc.com

Beberapa model motor masih punya tongkat ukur dan lubang untuk mengetahui level oli dalam mesin. Kita bisa tahu warna oli karena menempel pada tongkat ukur atau melalui lubang pada mesin. Oli yang masih bagus akan tembus pandang dengan warna kuning kecokelatan, tapi seiring waktu oli akan jadi kotor dan hitam.

Untuk mengetahui kotor atau tidak, teteskan saja sedikit oli pada ujung jari dan gosok dengan jari lainnya. Oli yang masih bagus akan terasa halus, tapi jika terasa ada pasir atau partikel kecil lain artinya oli sudah tercemar dan harus diganti.

2. Mesin berbunyi lebih nyaring dari biasanya

5 Tanda Motormu Perlu Ganti Oli, Jangan Lupa Cek Ya!motorivista.com

Ini adalah indikasi yang harus kita ketahui dengan baik dibanding orang lain, karena kita yang punya motor jadi kita harus lebih paham. Khususnya saat dari mesin motor muncul suara yang berisik! Oli yang masih segar memberi lapisan perlindungan di antara onderdil besi pada mesin. Tapi seiring waktu kemampuan oli tersebut akan menurun dan mulai terdengar suara gesekan besi. Tentu bukan indikasi yang baik jika muncul suara seperti itu dari mesin motor. Gesekan besi akan menimbulkan suara mesin yang berisik, dan jika kita mendengarnya maka itu waktunya ganti oli.

3. Peringatan dari lampu indikator di dasbor

5 Tanda Motormu Perlu Ganti Oli, Jangan Lupa Cek Ya!bharathautos.com

Mesin modern sudah dibekali dengan sensor yang bisa memberitahu kita melalui lampu indikator yang berkedip pada dasbor motor, jika oli pada mesin motor sudah mulai menipis. Kita harus selalu cek level oli mesin ketika ada peringatan lampu indikator seperti itu, jika diperlukan kita bisa menambahkan oli pada mesin agar level olinya kembali normal. Jika situasi kritis, biasanya lampu indikator terus berkedip, itu artinya ada masalah serius pada mesin karena oli menipis.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Ganti Oli Lebih Efektif Ketimbang Tune up

4. Level oli di bawah batas minimum

5 Tanda Motormu Perlu Ganti Oli, Jangan Lupa Cek Ya!motorcycleproject.com

Adakalanya kita sudah cek dan menambahkan oli pada mesin, tapi tak lama oli kembali menipis hingga di bawah batas minimum pada tongkat ukur atau lubang oli. Ini adalah tanda adanya masalah. Jika tidak ada kebocoran pada mesin, maka masalahnya bisa pada oli yang ada dalam mesin.

Saat kemampuan pelumasan dan kandungan kimia oli menurun, mesin akan mengonsumsi lebih banyak oli dari biasanya untuk menjamin semua bagian onderdil terlumasi. Itulah alasan mengapa jika kita menambahkan oli dalam mesin, tidak lama level oli akan menipis lebih cepat dari yang seharusnya.

5. Kita tidak ingat terakhir kali mengganti oli mesin

5 Tanda Motormu Perlu Ganti Oli, Jangan Lupa Cek Ya!dirtbiketest.com

Hanya memastikan level oli dalam mesin tidaklah cukup. Meski pabrikan motor memberitahu kita interval waktu untuk servis dengan jumlah kilometer tertentu, kita juga harus tahu kapan terakhir kali oli motor diganti. Jika kita tidak ingat kapan motor diganti olinya, maka itu indikasi yang baik saatnya ganti oli. Pastikan kita catat tanggal ganti oli, jadi kita bisa memperkirakan waktu selanjutnya untuk ganti oli.

Nah, itu tadu tanda-tanda yang mengindikasikan kita harus mengganti oli motor. Sudahkah diterapkan?

Baca Juga: Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinya

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You