Comscore Tracker

5 Tips "Melibas" Tanjakan untuk Pengendara Sepeda Motor

Jangan khawatir saat harus melewati tanjakan!

Melewati tanjakan kadang menjadi kesulitan tersendiri untuk beberapa pengendara motor. Biasanya muncul ketakutan pada pengendara kalau mereka bisa saja berhenti di tengah tanjakan, sehingga berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain.

Namun, tak perlu khawatir jika kamu harus melewati tanjakan. Tips melahap tanjakan dengan sepeda motor berikut akan membantu kamu. Apa saja?

1. Dapatkan momentum yang tepat

5 Tips Melibas Tanjakan untuk Pengendara Sepeda Motorcycleworld.com

Hal utama yang harus diperhatikan jika akan melewati tanjakan adalah kecepatan motor. Jika memungkinkan, tarikan tuas gas harus optimal dan kecepatan motor stabil sebelum mencapai tanjakan.

2. Posisi tubuh pengendara harus benar

5 Tips Melibas Tanjakan untuk Pengendara Sepeda Motormotorbikewriter.com

Melewati tanjakan berarti harus bermain dengan hukum fisika. Jika posisi tubuh kamu tidak benar, laju motor justru akan melambat saat di tanjakan.

Bobot pengendara harus tertumpu di bagian depan motor, sehingga disarankan untuk pengendara tubuhnya membungkuk ke depan dibanding duduk tegak lurus, agar tekanan angin berkurang.

3. Selalu siap untuk pindah posisi gear

5 Tips Melibas Tanjakan untuk Pengendara Sepeda Motoryoutube.com/Howcast

Pengendara motor matik mungkin tidak akan mengalami masalah. Tapi pengendara motor manual harus bersiap berpindah posisi gear jika melewati tanjakan. Besar tenaga yang dihasilkan mesin motor bergantung pada posisi gear untuk melibas tanjakan.

Baca Juga: 10 Potret Perjuangan Pengendara Motor di Musim Hujan, Kamu Mengalami?

4. Atur tarikan tuas gas dengan optimal

5 Tips Melibas Tanjakan untuk Pengendara Sepeda Motormotorcyclistonline.com

Jika kamu tidak menarik tuas gas dengan optimal, motor tidak akan bisa melewati tanjakan. Mengatur tarikan gas adalah kunci untuk melibas tanjakan. Ingat, gas terlalu kendur membuat motor tidak bisa melaju, tapi terlalu kencang juga berisiko selip.

5. Fokus pandangan tetap ke arah depan

5 Tips Melibas Tanjakan untuk Pengendara Sepeda Motorbackaline.com

Jangan mudah kehilangan fokus atau sering menengok ke arah lain saat kamu melewati tanjakan. Masalahnya adalah kamu tidak tahu apa yang ada di depanmu. Mungkin saja ada rintangan di tanjakan seperti lubang, sampah, atau bahkan muncul pengendara lain yang mengejutkan, maka pandangan pengendara harus selalu fokus ke depan.

Itulah lima tips melewati tanjakan dengan sepeda motor. Selalu perhatikan teknik dan keseimbangan saat berkendara, sehingga melewati tanjakan tidak menjadi kendala.

Baca Juga: Seketika Ngakak! 9 Tingkah Pengendara Motor Ini Bikin Gagal Paham

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya