Comscore Tracker

6 Skutik Premium Bermesin Jumbo Ini Cocok untuk Touring

Punya mesin berkubikasi 400cc, bahkan lebih

Ketika pertama kali booming di pertengahan 2000an, skuter matik lebih ditujukan untuk kaum Hawa. Karena itu, gak heran kalo kapasitas mesin motor otomatis ini relatif kecil, berkisar 100cc.

Namun, karena skutik lambat laun juga digemari kaum Adam, sejumlah pabrikan pun melakukan inovasi besar-besaran. Salah satunya menghadirkan skuter dengan kapasitas mesin jumbo.

Awalnya kubikasi naik menjadi 125cc, lambat laun skuter matik dibekali dengan mesin berkapasitas 150cc, 200cc, bahkan 400cc atau lebih. Nah, ini deretan skuter matik bermesin jumbo yang cocok untuk harian dan touring.

1. BMW C400X

6 Skutik Premium Bermesin Jumbo Ini Cocok untuk Touringcycletrader.com

Merupakan produk yang masih hangat di pasaran dalam negeri. Pabrikan asal Jerman resmi meluncurkan BMW C400X ke Indonesia pada pertengahan Februari 2019 melalui Maxindo Moto Nusantara selaku distributor resmi.

Pertama kali mejeng di EICMA 2017, skuter bongsor ini diklaim punya banyak kelebihan untuk menemani waktu touring. BMW C400X tercatat dibekali sistem ASC hingga BMW Motorrad Connectivity.

Sementara, di jantung pacu, perusahaan menanamkan mesin 4-tak, silinder tunggal, berkapasitas 350cc, dengan daya puncak 34 HP pada putaran 7.500 rpm. Di dalam negeri, skuter ini dilepas dengan harga tembus Rp259 jutaan off the road.

2. Yamaha TMAX DX

6 Skutik Premium Bermesin Jumbo Ini Cocok untuk Touringyamaha-motor.eu

Setahun sebelum BMW C400X, PT YIMM sudah melemparkan varian TMAX DX ke pasaran Indonesia. Kala itu, skuter ini didatangkan secara impor sebanyak 60 unit untuk memenuhi dahaga konsumen akan motor premium.

Dirancang berdasarkan konsep Master of Scooter, TMAX DX diklaim sebagai skutik pertama Yamaha yang membawa YCC-T. Produk ini juga membawa beberapa fitur canggih, termasuk cruise control, traction control system, serta Yamaha D mode.

Beralih ke jeroan, TMAX DX menggendong mesin berkapasitas 530cc, silinder tunggal, fuel injection. Skuter dengan tenaga maksimal 33,8 kW ini dilepas di kisaran harga Rp319.000.000.

3. Kymco Xciting 400i

6 Skutik Premium Bermesin Jumbo Ini Cocok untuk Touringkymco.co.id

Pilihan skuter maxi lainnya datang dari Taiwan. Berlabel Xciting 400i, ini dikatakan sebagai salah satu skuter jagoan Kymco di pasaran tanah air, yang pertama kali dipajang dalam gelaran IIMS 2018.

Sebagai motor touring, Xciting 400i membawa komponen yang cukup komplet. Skuter ini setidaknya sudah didukung windscreen transparan, lampu depan LED yang terang, instrumen multi-fungsi, hingga bagasi yang sangat luas.

Sementara, untuk bagian jeroan, tertanam mesin 4-stroke, SOHC, 4 katup, injeksi, berkapasitas 399,6cc. Dengan daya puncak 26,5 kW pada putaran 7.000 rpm, skuter ini dapat dipinang di kisaran harga Rp108 jutaan.

Baca Juga: Triumph Rilis The New Scrambler 1200 XE, Haganya Setengah Miliar 

4. Piaggio MP3 500 Business

6 Skutik Premium Bermesin Jumbo Ini Cocok untuk Touringgumtree.com

Pabrikan asal Italia gak mau ketinggalan melemparkan produk skuter maxi ke pasaran dalam negeri. Piaggio, pabrikan di balik merek Vespa, melepas model MP3 500 Business pada tahun 2017 lalu.

Piaggio MP3 500 Business diklaim sebagai skuter tiga roda pertama di dunia. Kendaraan ini juga dikatakan sebagai pionir dalam hal standar keamanan dan pengalaman yang baru untuk sebuah skutik.

Sesuai namanya, motor ini membawa mesin berkapasitas besar, yaitu 493cc, silinder tunggal, 4 katup, injeksi. Ketika dirilis, Piaggio MP3 500 Business ditawarkan di kisaran harga Rp280 jutaan.

5. SYM Maxsym 400i

6 Skutik Premium Bermesin Jumbo Ini Cocok untuk Touringautoevolution.com

Perusahaan otomotif asal Taiwan lainnya yang merilis skuter jumbo di Indonesia adalah SYM. Resmi datang ke dalam negeri pada tahun 2011 lalu, merk ini memang fokus pada skutik bongsor berkapasitas besar, salah satunya SYM Maxsym 400i.

Resmi dirilis pada ajang Bekasi Expo 2017, skuter ini menawarkan beragam keunggulan. Lampu depan sudah mengusung dual headlamp, windshield dan fairing yang besar, jok lebar, hingga sandaran penyangga di punggung pada sisi depan dan belakang.

Sektor jantung pacu, SYM Maxsym 400i dipersenjatai mesin 4-stroke, 4 katup, berkapasitas 399cc, injeksi, bertenaga 35 HP pada putaran 7.000 rpm. Motor ini sekarang dilepas di kisaran harga Rp110 jutaan untuk area Jabodetabek.

6. SYM Maxsym 600i

6 Skutik Premium Bermesin Jumbo Ini Cocok untuk Touringsym.co.za

Gak hanya skuter 400cc yang dihadirkan SYM di pasaran dalam negeri. Pabrikan ini juga menawarkan skutik dengan kapasitas mesin lebih besar, yakni Maxsym 600i. Maxsym 600i diklaim memiliki versi klasik dan sporty serta akselerasi. Motor ini juga dapat melakukan segala perjalanan, mulai melibas jalanan perkotaan hingga digeber dengan kecepatan tinggi.

Jantung pacu, SYM membekali skuter ini dengan mesin 4-stroke, berkapasitas 565cc, dengan power 30,3 kW pada putaran 6.500 rpm. Tersedia dalam warna putih, abu-abu, dan hitam, motor tersebut dijual Rp141,8 jutaan.

 

Daftar skutik premium di atas sepertinya menggiurkan buat kamu pecinta motor matic. Bagaimana, kawan? Punya anggaran lumayan dan siap untuk touring?

Baca Juga: Desain Suzuki Burgman 150 Beredar, Bakal Jadi Pesaing Honda PCX Nih!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Indra Zakaria

Just For You