Comscore Tracker

Resmi Discontinue, Ini Generasi Honda MegaPro di Indonesia 

Sport bike batangan favorit touring

Selain varian Honda Blade 125 FI, pada awal tahun 2019, PT AHM resmi menyuntik mati model Honda MegaPro. Produk tersebut sudah tidak lagi dipajang di situs resmi perusahaan.

Honda terpaksa menghentikan produksi MegaPro lantaran adanya pergeseran tren di pasaran. Alhasil, di segmen sport bike 150cc, Honda menyisakan varian CBR150R, CB150R, dan CB150 Verza.

Sebenarnya, Honda MegaPro sempat menjadi unggulan pabrikan di kelas sport touring. Rilis awal milenium ketiga, kuda besi ini bertahan cukup lama di pasaran. Nah, untuk nostalgia, intip generasi Honda MegaPro sejak awal hingga akhirnya masuk kotak.

1. Honda MegaPro 160 Neotech

Resmi Discontinue, Ini Generasi Honda MegaPro di Indonesia imgrumweb.com

Dihadirkan sebagai peralihan GL Pro Neotech, Honda MegaPro melakukan debut di Indonesia pada tahun 1999. Dibandingkan pendahulunya yang masih kaku, motor ini membawa desain yang lebih membulat.

Di sektor jantung pacu, pabrikan Jepang menanamkan mesin tipe 4-stroke, OHC, berkapasitas 160cc. Honda MegaPro 160 diklaim sanggup meletupkan tenaga puncak 13,3 PS pada putaran 8.500 rpm.

2. Honda MegaPro 160 Facelift

Resmi Discontinue, Ini Generasi Honda MegaPro di Indonesia webstagram.me

Selang tiga tahun kemudian, generasi kedua kuda besi ini resmi mengaspal di pasaran. Kala itu, varian ini gak membawa banyak revisi berarti, kecuali stripping yang lebih eye catching.

Pada tahun 2004, Honda sempat melepas model MegaPro CW. Produk ini mengusung pelek palang atau racing. Sementara, jantung pacu masih mengusung mesin berkapasitas 160cc.

Baca Juga: Sempat Discontinue, Ini Sepak Terjang Suzuki Smash di Indonesia

3. Honda MegaPro 160 Advance

Resmi Discontinue, Ini Generasi Honda MegaPro di Indonesia vipbro.pw

Produk ini resmi diluncurkan pada tahun 2006. Sering juga disebut Honda MegaPro Primus, merujuk bintang iklannya yang memakai aktor Primus Yustisio.

Terdapat sejumlah perubahan signifikan, terutama dari sisi bodi. Versi ini hadir dengan bodi tengah yang menyambung dengan belakang, tangki BBM yang lebih tinggi, serta desain lampu buritan yang mengikuti desain bodi.

Untuk jeroan, Honda MegaPro 160 Advance masih setia membawa mesin 4-tak berkapasitas 160cc. Produk ini sendiri bertahan di pasaran tanah air hingga tahun 2009.

4. Honda New MegaPro 150

Resmi Discontinue, Ini Generasi Honda MegaPro di Indonesia imgrumweb.com

Pada tahun 2010, generasi keempat Honda MegaPro resmi dirilis. Berlabel New MegaPro, mesin kuda besi ini mengalami penurunan kapasitas dari 160cc menjadi 150cc.

Meski punya mesin lebih kecil dibandingkan varian sebelumnya, namun daya New MegaPro 150 diklaim lebih dahsyat, 13,7 PS berbanding 13,3 PS. Selain itu, produk ini juga dikatakan lebih irit bahan bakar.

5. Honda New MegaPro FI

Resmi Discontinue, Ini Generasi Honda MegaPro di Indonesia imgrumweb.com

Setelah bertahan empat tahun, generasi keempat resmi pensiun dan digantikan model New MegaPro FI. Mengaspal pada tahun 2014, seperti namanya, motor ini dibekali dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi.

Selain sudah membawa sistem injeksi, New MegaPro FI juga dibekali cover tangki, knalpot lebih panjang, dan footstep belakang model gantung. Namun, power motor ini mengalami penurunan dibandingkan versi karburator, yaitu 13,3 PS berbanding 13,7 PS.

Nah, itu tadi deretan generasi Honda MegaPro dari model pertama hingga yang terakhir. Kamu punya motor yang satu ini?

Baca Juga: Honda Rilis PCX Listrik, Mampu Menempuh 69Km Sekali Isi Baterai

Binar Photo Community Writer Binar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You