Comscore Tracker

Sejarah Yamaha RX-King, Legenda Motor Laki di Jalanan Indonesia

Dijuluki motor jambret karena saking kencangnya

Bagi penyuka kebut-kebutan, pasti sudah gak asing lagi dengan RX-King buatan Yamaha. Ini adalah salah satu legenda motor kencang di Indonesia, bahkan dijuluki motor jambret saking kencangnya.

Pertama kali dirilis pada pertengahan 1980-an, Yamaha RX-King bertahan cukup lama di pasar dalam negeri, lebih dari dua dekade. Nah, ini generasi RX-King yang pernah merajai jalanan tanah air.

1. Yamaha RX-King Cobra

Sejarah Yamaha RX-King, Legenda Motor Laki di Jalanan Indonesiainstagram.com/vvip_rxking

Produk ini pertama kali menyapa konsumen Indonesia pada tahun 1983 silam. Kala itu, RX-King generasi pertama dihadirkan Yamaha untuk meneruskan varian RX-K yang cukup sukses di pasaran dalam negeri.

Ada beberapa ubahan yang dilakukan pabrikan berlogo garputala terhadap model ini dibandingkan seri sebelumnya. Yamaha RX-King kini didukung YEIS (Yamaha Energy Induction System) yang diklaim mampu membuat motor lebih irit bahan bakar.

Dirilis hingga tahun 1991, mesin RX-King Cobra (merujuk stang yang berdesain mirip leher ular kobra) didatangkan langsung dari Jepang. Sementara, bodi rangka dan lain-lain diproduksi di Indonesia.

Baca Juga: Piaggio Bakal Luncurkan Vespa Primavera dan Sprint Terbaru

2. Yamaha RX-King Master

Sejarah Yamaha RX-King, Legenda Motor Laki di Jalanan Indonesiainstagram.com/balijadulism

Generasi kedua motor jambret diluncurkan ke pasaran tanah air sekitar tahun 1992. Memakai kode blok Y1-74, konon mesin Yamaha RX-King Master dirancang oleh Yamaha Pulogadung Jakarta.

Sekitar lima tahun berselang, facelift ringan dilakukan perusahaan. RX-King Master produksi 1997 sekarang mengusung footstep belakang yang tidak lagi menempel pada swing arm.

Sementara, dari sisi dapur pacu, masih membawa spek yang sama. Motor tersebut didukung mesin 2-tak, berkapasitas 135cc, air-cooled, yang diklaim mampu meletupkan power maksimal 18,5 PS pada putaran 9.000 rpm.

3. Yamaha New RX-King

Sejarah Yamaha RX-King, Legenda Motor Laki di Jalanan Indonesiainstagram.com/vvip_rxking

Memasuki milenium ketiga, perusahaan menghadirkan New RX-King. Dirilis sekitar tahun 2002, generasi ketiga RX-King sudah memenuhi standar Euro, sehingga gak menghasilkan banyak asap seperti model sebelumnya, berkat catalic converter di bagian knalpot.

Sayangnya, karena kebijakan tersebut, banyak yang menilai generasi ini sebagai RX-King 4-tak. Belum lagi perubahan pada desain lampu depan, yang sebelumnya kotak diubah menjadi bulat.

Meski sudah agak ramah lingkungan, sayangnya RX-King harus dimasukkan kotak oleh pabrikan pada tahun 2009. Pasalnya, kala itu, minat konsumen Indonesia lebih condong pada skuter matik yang lebih praktis. 

Baca Juga: Nyaris Terlupakan, 4 Motor Ayago Ini Pernah Mengaspal di Jalanan

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya