Comscore Tracker

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesia

Ada yang macho, ada yang retro

Ketika pertama kali booming di awal milenium ketiga, skuter matik terutama ditujukan untuk kaum Hawa. Karena itu, desain motor otomatis ini cenderung simpel dan feminin, pas untuk perempuan yang ingin bepergian.

Seiring waktu, ternyata fans skutik gak cuma berasal dari kalangan cewek. Cowok pun gak sedikit yang memilih kuda besi ini. Bahkan lama-kelamaan, popularitas skuter matik terus melambung dan menggerus sepeda motor bebek.

Nah, untuk memfasilitasi kaum Adam yang doyan skutik, akhirnya banyak pabrikan yang berinovasi. Agar lebih garang, sejumlah perubahan dilakukan, termasuk memasang setang naked khas sport bike. Berikut skuter matik yang punya setang naked.

1. Honda BeAT Street

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesiainstagram.com/giet_ramadhan89

PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali meluncurkan motor ini pada tahun 2016 lalu. Seperti namanya, model ini tampil dengan konsep street style, yang mengusung sejumlah fitur baru, termasuk setang telanjang dan speedometer digital.

Sering disebut-sebut mengekor X-Ride keluaran Yamaha, pabrikan mengatakan bahwa segmen yang disasar kedua motor berbeda. Jika X-Ride mungkin lebih ditujukan untuk off-road, maka fokus skutik seharga Rp16,79 jutaan ini lebih ke jalanan perkotaan.

2. Yamaha X-Ride

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesiainstagram.com/dedi_maulanasidik

Sebelum Honda, Yamaha sudah punya skutik entry-level bersetang naked dalam diri X-Ride. Diluncurkan perdana pada tahun 2013, skuter ini menerima upgrade mesin menjadi 125cc mulai tahun 2017 hingga sekarang, dan dijual mulai Rp18,19 jutaan.

Sering dianggap sebagai skutik adventure untuk medan off-road, pihak Yamaha Indonesia malah menuturkan bahwa produk mereka ini gak cocok untuk area berlumpur. Meski punya desain off-road, namun X-Ride lebih pas digunakan untuk area perkotaan.

3. Honda Scoopy

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesiainstagram.com/scoopyppu

Debut pada Mei 2010, Honda Scoopy langsung menarik minat banyak konsumen, terutama kaum muda. Gayanya yang retro sekaligus cantik, dengan setang semi-naked, membuat skuter matik ini disukai untuk menemani bepergian dalam atau antar-kota.

Hadir setidaknya dalam empat generasi, model terbaru sudah didukung sejumlah fitur canggih, termasuk power charger, lampu depan LED, hingga ban lebih tebal. Sekarang, harga Honda Scoopy berkisar Rp19,19 jutaan per unit.

Baca Juga: 5 Skutik Adventure Gagah yang Rilis di Pasaran

4. Yamaha Fino

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesiainstagram.com/riizal_kecil

Gak cuma Honda, Yamaha juga punya skutik berdesain retro yang kece dalam diri Fino. Pertama kali rilis pada tahun 2012 dengan nama Mio Fino, motor ini lantas menerima mesin 125cc sejak tahun 2016 sekaligus menghilangkan embel-embel Mio.

Pada 2017, Yamaha Indonesia menghadirkan Fino Grande yang punya beberapa fitur tambahan, seperti lampu depan LED hingga ban tubeless. Sekarang, Fino tersedia dalam tiga tipe dan dilepas dengan harga mulai Rp18,21 jutaan.

5. Honda PCX

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesiainstagram.com/budzblue

Merupakan skutik maxi yang ditujukan untuk segmen motor premium, Honda PCX melakukan debut di Indonesia pada 2010. Kala itu, motor ini dihadirkan PT AHM melalui jalur impor langsung dari negeri tetangga, Thailand.

Awalnya hanya bermesin 125cc, Honda PCX lantas menerima upgrade jantung pacu menjadi 150cc mulai 2012 hingga sekarang. Tampilannya sendiri sangat modern sekaligus macho. Saat ini sudah diproduksi secara lokal, harganya mulai Rp28,9 jutaan.

6. Honda ADV 150

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesiainstagram.com/yank_motogear

Skuter yang menjadi happening di pertengahan tahun 2019. Dipamerkan perdana pada gelaran GIIAS 2019, Honda ADV 150 adalah motor penjelajah yang diklaim pas banget untuk mereka yang punya aktivitas tinggi serta suka bertualang.

Meski punya mesin otomatis, Honda ADV 150 memang tampil macho, dengan garis-garis bodi tegas, setang naked, hingga windshield khas motor adventure. Di pasaran dalam negeri, skuter ini ditawarkan dengan harga mulai Rp33,5 jutaan.

7. Honda X-ADV

7 Skutik dengan Setang Naked yang Rilis di Indonesiainstagram.com/fr4mes_adv

Bisa disebut sebagai kakak Honda ADV 150. Skuter otomatis ini sendiri pertama kali unjuk diri di gelaran IIMS 2018 lalu. Sekarang termasuk dalam deretan Big Bike Honda, pabrikan melepasnya dengan harga mencapai Rp450 jutaan.

Banderolnya yang mahal memang sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Mesinnya punya kubikasi 745cc bertenaga 40,3 kW, dashboard mengusung dual panel, sekaligus membawa adjustable windshield. Ada empat warna kece yang bisa dipilih.

Nah, itu tadi deretan skuter matik dengan setang telanjang yang sudah mengaspal di jalanan Indonesia. Kira-kira, kamu naksir yang mana nih?

Baca Juga: 7 Skutik Mewah Ini Harganya Ratusan Juta, Setara dengan Mobil!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You