Comscore Tracker

Alex Marquez Berhasil Menang di Seri Pertama MotoGP Virtual Race

Ungguli kakaknya sendiri lho!

Namun, kondisi tersebut tak menghentikan persaingan antar pembalap untuk meraih kemenangan dalam balapan. Bedanya, kali ini mereka tidak saling bersaing di atas lintasan sesungguhnya tetapi melalui game.

Bertajuk MotoGP Virtual Race, sebanyak sepuluh pembalap ambil bagian dalam seri pertama yang digelar pada Minggu (29/3) malam WIB. Lalu, seperti apa sih keseruan dari balapan lewat game saat masa berdiam di rumah ini?

1. Sepuluh pembalap ikut serta. Ada Marquez bersaudara lho!  

Alex Marquez Berhasil Menang di Seri Pertama MotoGP Virtual Raceinstagram/motogp

Seperti musim balap sebelumnya, MotoGP musim ini sejatinya diikuti 20 pembalap dari 10 tim kontestan. Tapi, tidak seluruhnya terlibat dalam MotoGP Virtual Race seri pertama. Hanya sepuluh pembalap saja yang ikut serta dalam ajang selingan selagi beraktivitas di rumah.

Kesepuluh pembalap itu antara lain duo Repsol Honda yang merupakan pasangan kakak-adik Marc dan Alex Marquez, Macerick Vinales (Monster Energy Yamaha), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha STR), Francesco Bagnaia (Pramac Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini), Alex Rins dan Joan Mir dari Suzuki Ecstar serta Miguel Oliveira dan Iker Lecuona yang musim ini memperkuat Red Bull KTM Tech 3.

Sebelumnya, Valentino Rossi akan ambil bagian bersama rekan setimnya Maverick Vinales dalam balapan virtual tersebut. Namun, pembalap asal Italia itu urung ikut bersama 10 pembalap lainnya. "Meskipun sebelumnya telah mengonfirmasi keikutsertaan, Valentino Rossi tidak mengikuti Virtual Race", ungkap Dorna dilansir dari Motorsport.

2. Memakai sirkuit Mugello, balapan 6 lap dimenangi Alex Marquez setelah ungguli Bagnaia  

Alex Marquez Berhasil Menang di Seri Pertama MotoGP Virtual Raceinstagram/alexmarquez73

Di seri pertama MotoGP Virtual Race sirkuit Mugello dipilih sebagai arena duel. Sebelum balapan dimulai terlebih dahulu kesepuluh pembalap melakoni sesi kualifikasi selama lima menit. Hasilnya, Fabio Quartararo sukses meraih pole position. Sesi balap pun dimulai dengan melahap 6 lap saja.

Meski memulai balapan dari posisi terdepan tak membuat Quartararo langsung unggul. Justru, ia mengalami petaka setelah mengalami kecelakaan dengan Vinales di awal lomba. Alhasil, pemimpin lomba diambil alih oleh Alex Marquez. Pertarungan terjadi antara Alex dan Bagnaia yang mengikuti di belakang juara dunia Moto2 2019 tersebut.

Bagnaia terus mengepras jarak dengan Marquez yang hanya terpisah satu detik saja. Tapi, kesalahan di lap keempat membuat Bagnaia harus merelakan kemenangan disabet Alex Marquez dengan keunggulan tujuh detik. Sementara itu, Vinales harus puas finis di posisi ketiga

3. Sabet kemenangan di ajang virtual, Alex berterima kasih pada atlet eSport asal Indonesia  

Alex Marquez Berhasil Menang di Seri Pertama MotoGP Virtual Raceinstagram/_moe_27_

Kemenangan Alex Marquez di balapan perdana MotoGP disambut gembira oleh pembalap asal Spanyol itu. Ia pun menuturkan bahwa targetnya saat balapan ialah bisa sekonsisten mungkin sebab harus memulai lomba dari posisi keempat dan merasa tak begitu cepat di lap awal.

Hasil apiknya ini ternyata juga berkat tips yang diberikan atlet eSport MotoGP asal Indonesia, Putut Maulana atau dikenal pula dengan Moe27. "Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Putut Maulana yang memberikan aku beberapa tips untuk setup motor" ujar Alex seperti dikutip dari Motogp.com.

Alex pun juga mengakui bahwa tips dari atlet asal Kalimantan Selatan tersebut tidak diberikan kepada kakaknya, Marc. Pasalnya, meski merupakan satu tim Alex menanggap Marc adalah rivalnya dalam lomba. Wah, ada-ada saja ya!
Balapan seri kedua MotoGP Virtual Race rencananya akan digelar pada 12 April mendatang.

Dorna menjanjikan pembalap yang telah berpartisipasi pada seri perdana akan ikut kembali pada seri berikutnya serta mengajak pembalap dari tim Ducati dan Red Bull KTM Factory Racing. Adapun untuk sirkuit yang akan dijadikan balapan selanjutnya masih belum diputuskan. Jadi, harap sabar ya!

Baca Juga: Akibat Virus Corona, MotoGP Qatar Ditunda 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya