Comscore Tracker

Sebelum Membeli, Kenali 5 Perbedaan Motor Sport Full Fairing vs Naked

#AutakAtik Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budgetmu

Bagi sebagian besar cowok, urusan beli motor gak boleh main-main. Inginnya dapat yang nyaman sesuai kebutuhan, tapi juga cocok di kantong.

Kalau kamu menginginkan seri motor sport, ada beberapa perbedaan dasar yang perlu dipahami dari tiap tipe. Di pasaran umumnya terdapat 2 jenis, tipe full fairing dan naked. Sudah tahu bedanya? Yuk simak sebelum membeli!

1. Desain bodi motor full fairing nampak lebih gagah dan sporty

Sebelum Membeli, Kenali 5 Perbedaan Motor Sport Full Fairing vs Nakedoverdrive.in

Dari penampakan fisiknya saja, motor full fairing dan naked sudah nampak berbeda. Tampilan full fairing lebih gagah dan sporty, seperti motor-motor racing yang digunakan di arena Moto GP.

Desainnya lebih kompleks, tanpa dimodif pun sudah kece buat balapan di sirkuit. Sementara tipe naked bisa dibilang sebagai versi ‘telanjang’ motor full fairing. Desain sederhana membuat bobot totalnya lebih ringan.

2. Tipe naked lebih ekonomis

Sebelum Membeli, Kenali 5 Perbedaan Motor Sport Full Fairing vs Nakedmotorbloginfo.wordpress.com

Kalau soal harga, naked jelas lebih ekonomis. Contoh motor sport tipe naked yang kini banyak digemari adalah Yamaha New Vision dan Honda New CB 150R. Harga barunya paling maksimal berbeda Rp10 jutaan dari motor matik atau bebek.

Meski lebih murah, desain tipe naked gak kalah kece dari full fairing. Tapi tentu saja butuh beberapa modifikasi untuk membuatnya segagah motor racing.

BACA JUGA: Punya Motor Baru, 5 Perawatan Ini Gak Boleh Terlewatkan

3. Pertimbangkan aspek ergonomi

Sebelum Membeli, Kenali 5 Perbedaan Motor Sport Full Fairing vs NakedPixabay/12019

Poin yang satu ini gak kalah penting diperhatikan saat memilih motor sport. Pertimbangkan aspek ergonominya, posisi tubuhmu saat berkendara apakah nyaman atau gak. Untuk tipe naked memang didesain lebih nyaman, badan pengendara gak terlalu menunduk ke depan.

Bagian jok belakangnya masih cukup luas untuk membonceng 1 penumpang lagi. Beda tinggi jok depan dan belakang pun gak terlalu kentara. Penumpang di belakang bisa duduk dengan nyaman.

4. Bodi motor full fairing didesain lebih aerodinamis

Sebelum Membeli, Kenali 5 Perbedaan Motor Sport Full Fairing vs NakedPixabay/sms467

Lain cerita dengan tipe full fairing yang memang didesain seperti motor racing. Berkendara jarak jauh atau touring dengan motor ini bikin badan lebih cepat pegal. Tapi dari segi kelincahannya di jalanan, desain full fairing lebih aerodinamis.

Bagian samping depan yang menyerupai sirip di kedua sisi berfungsi menahan tekanan angin. Gak heran lajunya di jalanan jadi makin lincah dan gesit.

5. Kapasitas mesin dan penggunaan bahan bakar

Sebelum Membeli, Kenali 5 Perbedaan Motor Sport Full Fairing vs Nakedhdfondos.eu

Bicara soal tenaga, jelas tipe full fairing yang lebih unggul. Tersedia beberapa pilihan kapasitas mesin, mulai dari 150 cc hingga 1000 cc. Semakin besar kapasitas mesinnya, penggunaan bahan bakar pun makin boros.

Setelah membandingkan plus minus dari kedua tipe motor sport di atas, kamu lebih tertarik yang mana nih?

BACA JUGA: 5 Mobil Diesel Legendaris di Indonesia, Masih Eksis Hingga Kini!

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya