Comscore Tracker

Katanya Sayang Sama Motor, Kok Belinya Pertalite? 

Pertamax bikin tarikan jadi jos dan mesin lebih sehat 

Jakarta, IDN Times - Banyak pengendara lebih memilih menggunakan bensin jenis premium atau pertalite ketimbang pertamax. Alasannya simpel: lebih murah. Padahal bensin murah, terutama premium, itu kurang bagus buat mesin untuk jangka panjang, loh. 

Karena itu, kalau kamu ingin mesin motor atau mobilmu awet, ada baiknya beralih ke pertamax. Memang harganya lebih mahal, tapi kualitas bensinnya lebih terjamin. Nah, berikut beberapa alasan kenapa harus hijrah ke pertamax.

1. Pertamax membuat performa mesin terjaga

Katanya Sayang Sama Motor, Kok Belinya Pertalite? Ilustrasi tangki bensin sepeda motor. IDN Times/Paulus Risang

Kalau motor atau mobilmu sudah dibekali teknologi canggih, seperti injeksi, sebaiknya gunakan selalu pertamax. Memang harganya lebih mahal dari pertalite, tapi pembakaran mesin bakal lebih sempurna. Efeknya tenaga mesin bakal terasa lebih jos. 

Selain itu pertamax juga mengandung detergen yang berfungsi membersihkan ruang mesin. Oya, nilai oktan yang lebih tinggi dari pertalite juga menjadikan pertamax lebih bersahabat bagi injector.

Asyiknya lagi, dengan menggunakan Pertamax, efek buruk kondensasi bisa diminimalisasi. 

Baca Juga: Motor-motor Touring Bermesin Kecil, Lebih Murah dan Irit

2. Pertamax membuat ruang mesin lebih bersih

Katanya Sayang Sama Motor, Kok Belinya Pertalite? Petugas melakukan pengisian bbm untuk layanan Pertamina Delivery Service di SPBU COCO, Dago, Bandung, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Pertamax juga memiliki kandungan aditif demusifier. Zat ini berfungsi menyempurnakan proses kimia dalam pembakaran, membersihkan mesin dari semua timbunan kotoran, mencegah korosi pada saluran dan tangki bensin, serta meningkatkan kinerja mesin. 

Bisa dibilang, menggunakan pertamax akan memperkecil munculnya kerak pada mesin. Dengan begitu, performa mesin akan selalu terjaga.

3. Pertamax bikin kantong jebol?

Katanya Sayang Sama Motor, Kok Belinya Pertalite? Ilustrasi SPBU. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kalau kamu menganggap memakai pertamax itu bikin kantong jebol, mungkin kamu perlu berpikir ulang. Memang harga pertamax lebih mahal dari pertalite, tapi pertamax membuat mesin lebih sehat.

Artinya risiko mesin rusak karena bahan bakar gak sebesar jika menggunakan pertalite atau premium. Sekedar informasi, biaya perbaikan mesin yang rusak akibat buruknya kualitas bensin itu lebih mahal dibandingkan selisih harga antara pertamax dengan pertalite, loh.

Baca Juga: Motor-motor Imut Keluaran Honda Ini Bikin Gemes  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya