Comscore Tracker

Bukan Cuma Begal, 5 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai Saat Berkendara Malam

Dari lubang jalan hingga rasa takutmu sendiri

Jakarta, IDN Times - Ada beberapa alasan kenapa berkendara sepeda motor pada malam hari lebih menyenangkan.

Pertama, karena lebih adem. Kedua, jalanan lebih lengang. Ketiga, karena lebih adem dan lengang, maka perjalanan malam hari jadi lebih tidak melelahkan.

Tapi berkendara malam hari ternyata menyimpan risikonya sendiri. Nah, berikut risiko-risiko yang harus kamu waspadai saat berkendara malam hari.

1. Lubang jalan

Bukan Cuma Begal, 5 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai Saat Berkendara MalamTwitter/tmcpoldametro

Lubang jalan bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Apalagi jika lubangnya cukup besar dan dalam.

Pada malam hari, lubang-lubang jalan ini cenderung tidak terlihat. Sehingga sangat membahayakan pengendara, terutama pengguna sepeda motor.

So, tetap fokus dan waspada ya gaes. Pastikan kamu tidak melaju terlalu cepat, terutama jika kamu tidak pernah melintas di jalan tersebut.

2. Penyeberang jalan

Bukan Cuma Begal, 5 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai Saat Berkendara MalamUnsplash/Andre Benz

Selain lubang jalan, kamu juga harus mewaspadai penyeberang jalan. Jalan yang gelap akan membuat penyeberang jalan sering kali tidak terlihat,, apalagi jika mereka menggunakan baju dan celana hitam.

Pastikan lampu depan motor atau mobilmu berfungsi dengan baik dan cukup terang. Sehingga kamu bisa melihat jalan di depanmu dengan lebih jelas.

3. Kendaraan 'siluman'

Bukan Cuma Begal, 5 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai Saat Berkendara MalamUnsplash/Timo Wagner

Bahaya lain bisa datang dari mobil atau motor siluman. Maksud mobil atau motor siluman ini adalah mobil dan motor yang lampu depannya tidak nyala, sehingga tidak terlihat oleh pengendara lain bak siluman.

Memang sih saat ini motor-motor terbaru sudah dilengkapi fitur Automatic Headlight On yang akan menyalakan lampu depan secara otomatis. Tapi banyak yang tak mengganti bohlamnya setelah putus.  

4. Begal

Bukan Cuma Begal, 5 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai Saat Berkendara MalamIlustrasi jambret (IDN Times/Arief Rahmat)

Kata satu ini memang menakutkan. Sebab banyak kasus pembegalan terjadi di malam hari. Para pelaku biasanya lebih dari dua orang dan menggunakan senjata tajam.

Cara terbaik untuk menghindari begal dengan menghindari jalan-jalan yang sepi. Kalau pun terpaksa harus melewati jalan sepi, pastikan kamu tidak sendiri.

Tunggulah sampai ada kendaraan lain yang lewat lalu berjalanlah secara beriringan. Dan jangan lupa berdoa, ya!

5. Rasa takut

Bukan Cuma Begal, 5 Hal Ini Perlu Kamu Waspadai Saat Berkendara MalamUnsplash/Mārtiņš Zemlickis

Satu hal lain yang harus kamu waspadai adalah rasa takutmu sendiri. Sebab rasa takut berlebihan bisa menimbulkan kepanikan.

Padahal mengendarai sepeda motor, terutama di waktu malam, harus dengan kondisi pikiran yang tenang agar bisa lebih fokus dan waspada.

So, kalau rasa takutmu sudah mulai menguasai perasaan, sebaiknya kamu menepi terlebih dahulu. Lakukan pernafasan ringan sampai hatimu tenang kembali.

Karena tidak ada yang lebih penting selain keselamatan.

Baca Juga: 5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor Sekarang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya