Comscore Tracker

Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!

Harga bervariasi, mulai dari ratusan ribu

Jakarta, IDN Times - Suku cadang motor Harley Davidson ditemukan di dalam pesawat Airbus A330-900 Neo yang terbang dari Prancis ke Jakarta beberapa hari lalu.

Onderdil tersebut kemudian disorot karena dianggap melanggar aturan kepabeanan. Belum jelas apa motif penyelundupan ini. Yang jelas suku cadang tersebut dalam kondisi bekas.

Ada dugaan yang menyebut onderdil diselundupkan untuk menghindari bea masuk. Kalau ini benar, muncul pertanyaan: Semahal apa sih onderdil Harley Davidson sampai ada yang nekat menyelundupkannya?

Seperti brand lain, harga onderdil Harley Davidson pun bervariasi, tergantung pada jenis motornya. Nah, berikut beberapa harga onderdil Harley Davidson Sportster.

Ada tiga tipe Sporster, yakni Iron 1200, Iron 883, dan Forty Eight. Nah, berikut perkiraan harga sparepart ketiga motor tersebut.

1. Aki Harley Davidson

Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!Unsplash/Jia Ye

Harley memang bukan motor murah, begitu juga suku cadangnya. Salah satu suku cadang yang vital adalah aki. Nah, harga aki untuk Harley Davidson Sportster 1200 menggunakan motobatt MBTX 12U. Harganya tembus Rp1,4 jutaan. Bandingkan dengan harga aki motor biasa yang rata-rata dijual antara Rp200-300 ribu.

2. Jok premium super nyaman

Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!harley-davidson.com

Harley Davidson dikenal dengan kenyamanannya. Karena itu joknya pun terbuat dari material berkelas. Tak mengherankan jika harga jok Harley tipe Sporster tembus Rp2,1 jutaan.

3. Knalpot bersuara merdu

Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!Unsplash/Harley Davidson

Salah satu ciri khas Harley Davidson adalah suara mesin dan knalpotnya. Bahkan saking khasnya, kita bisa mengenali Harley hanya dengan mendengar suaranya.

Nah, harga knalpot Harley Davidson Sporster ternyata gak murah, loh. Di pasaran, harga knalpot untuk tipe Iron 1200 dibanderol tak kurang dari Rp2,3 jutaan.

4. Tanki berdesain klasik namun sangat aerodinamis

Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!Unsplash/Steve Harvey

Ciri khas lain Harley Davidson tipe sportster adalah desain tankinya yang klasik namun sangat aerodinamis. Di pasaran, harga tanki Sportster 883 tak kurang dari Rp4,5 juta!

5. Standar sampingnya gak murah, guys!

Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!Unsplash/Harley Davidson

Onderdil satu ini gak ada hubungannya dengan performa, tapi keberadaannya sangat penting. Sebab, tanpa onderdil satu ini, motor Harley gak akan bisa distandar. Nah, di beberapa toko online, harga standar samping Harley Davidson Sporster tak kurang dari Rp1,5 juta.

6. Harga kanvas rem bervariasi

Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!Unsplash/Harley Davidson

Kanvas rem termasuk salah satu fast moving part. Untungnya harga kanvas rem untuk Harley Davidson Sportster Rp350-800 ribu, tergantung merek kanvas remnya.

Baca Juga: Fakta Baru Onderdil Harley dan Brompton di Pesawat Garuda

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya