Comscore Tracker

MTB Ternyata Banyak Variannya, Jangan Sampai Salah Beli Ya!

Sebab beda varian, beda peruntukannya

Jakarta, IDN Times - Banyak yang gak tahu kalau sepeda gunung atau Mountain Bike (MTB) ternyata punya banyak varian. Varian-varian tersebut diklasifikasikan berdasarkan desain frame hingga fork atau suspensi depan dan belakang.

Masing-masing varian didesain untuk melibas jalan dan medan yang berbeda. Sehingga jangan salah memilih varian MTB, ya. Nah, berikut jenis-jenis MTB yang perlu kamu tahu biar gak salah kostum, eh medan.

1. MTB Cross Country

MTB Ternyata Banyak Variannya, Jangan Sampai Salah Beli Ya!bhbikes.com

MTB jenis cross country atau XC di desain untuk melibas jalan makadam hingga off road ringan. MTB jenis ini juga dirancang untuk jalur on road, karena itu MTB cross country menggunakan frame hard tail.

Baca Juga: Cuma Dibanderol Rp9 Jutaan, Ini Keunggulan MTB Listrik United Manrola

2. MTB Trail

MTB Ternyata Banyak Variannya, Jangan Sampai Salah Beli Ya!enduro-mtb.com

Desain sepeda MTB Trail sebenarnya mirip dengan MTB XC. Namun sepeda ini diperuntukan untuk melibas medan yang lebih berat.

Karena itu ada MTB Trail yang menggunakan suspensi belakang atau fullsus. Selain itu suspensi depan MTB ini juga lebih tinggi dari cross contry, yakni 120-140 milimeter.

3. MTB All Mountain

MTB Ternyata Banyak Variannya, Jangan Sampai Salah Beli Ya!canyon.com

MTB ini diciptakan untuk melibas trek pegunungan. Karena itu sepeda jenis ini seharusnya nyaman digunakan untuk melahap berbagai varian jalan.

Ciri khas model ini ada pada suspensi depannya yang berukuran 140-160 mm. MTB All Mountain juga dibekali suspensi belakang, sehingga cukup nyaman untuk melibas jalan makadam sekalipun.

4. MTB Enduro

MTB Ternyata Banyak Variannya, Jangan Sampai Salah Beli Ya!santacruzbicycle.com

Seperti All Mountain, MTB Enduro juga menggunakan suspensi ganda atau fullsus. Secara desain, MTB Enduro mirip dengan MTB Downhill. Hanya saja spesifikasi MTB Enduro biasanya tidak secanggih MTB Downhill.

Namun MTB Enduro biasanya lebih gesit dibandingkan MTB Downhill. Oya, MTB ini juga didesain untuk kenyamanan jarak jauh.

5. MTB Downhill

MTB Ternyata Banyak Variannya, Jangan Sampai Salah Beli Ya!santacruzbicycle.com

MTB downhill didesain untuk melibas turunan. Karena itu TMB jenis ini dibekali travel fork yang panjang, bahkan ada yang hingga 200mm.

Travel panjang diperlukan agar turunan tidak terasa curam. Kontruksi sepeda jenis ini juga sangat kokoh, karena itu harga MTB Downhill terbilang mahal.

Oya, sepeda MTB dengan suspensi ganda atau fullsus biasanya kurang lincah dipakai di aspal. Karena suspensinya akan terasa memantul saat pedal digowes.

So, sudah tahu MTB jenis apa yang akan kamu beli?

Baca Juga: Deretan Sepeda Ini Mewarisi DNA Supercar, Ringan dan Mewah Banget! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya