Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Rem Motor Kamu Blong

Sering ngebut bisa blong nih!

Rem cakram adalah salah satu komponen utama pada sepeda motor. Pada beberapa kondisi tertentu, rem cakram bisa jadi terlalu panas, blong dan menyebabkan kecelakaan. Kondisi apa saja yang berpotensi bikin rem kamu blong? Simak di bawah ini ya!

1. Kondisi macet berjam-jam

Hati-hati, 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Rem Motor Kamu Blongpixabay.com/Free-Photos

Kondisi macet dengan jangka waktu yang lama adalah bisa menyebabkan rem blong. Apalagi, jika kamu terjebak macet pada tanjakan atau turunan. Hal ini akan menyebabkan rem cakram terlalu panas karena terlalu sering digunakan. Pastikan kamu berhati-hati dan menggunakan rem secara bergantian. 

2. Kondisi menuruni bukit

Hati-hati, 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Rem Motor Kamu Blongallstate.com

Kondisi menuruni bukit juga berpotensi membuat penggunaan rem kamu berlebihan dan blong. Pada umumnya, rem depan akan lebih sering digunakan pada jalan turunan. Dengan beban yang bertumpu pada rem depan, kamu harus berhati-hati agar rem tidak terlalu panas.

3. Kondisi beban terlalu berat

Hati-hati, 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Rem Motor Kamu Blongyoutube.com/afrycze

Kondisi beban yang terlalu berat juga akan memberi beban tambahan untuk rem motor. Terlebih lagi melewati tanjakan atau turunan tentu akan membuat rem bekerja ekstra. Jika kamu membawa beban ekstra, pastikan kamu tidak mengebut agar rem tidak terlalu panas.

Baca Juga: Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinya

4. Kondisi perjalanan jarak jauh

Hati-hati, 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Rem Motor Kamu Blongpixabay.com/werner22brigitte

Kondisi perjalanan jauh juga berpotensi untuk membuat rem kamu kerja berlebihan dan blong. Jika kamu melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu beristirahat sejenak agar rem kamu tidak terlalu panas. Selain mendinginkan rem, kamu juga bisa beristirahat sejenak melepas lelah. 

5. Kondisi mengebut

Hati-hati, 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Rem Motor Kamu Blongpixabay.com/Santa3

Kondisi ini adalah kondisi yang sering menyebabkan rem terlalu panas dan blong. Jika kamu terlalu sering mengebut dan rem mendadak, maka bisa jadi rem kamu terlalu panas dan menyebabkan blong. Solusinya adalah kamu harus mengurangi kecepatan agar suhu rem turun dan bisa berfungsi kembali.

Nah, itu dia 5 kondisi yang bisa menyebabkan rem motor kamu blong. Buruan di cek kondisi motormu, jangan sampai rem jadi blong dan menyebabkan celaka.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

Evan Yulian Philaret Photo Community Writer Evan Yulian Philaret

A language enthusiast and caffeine addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You