Comscore Tracker

Kawasaki Pamerkan Dua Motor Sport Prototipe, Full Listrik dan Hybrid!

Basis desainnya mengambil dari motor 250 cc Kawasaki

Jakarta, IDN Times - Beberapa waktu lalu IDN Times sempat membahas update dari motor listrik yang sedang digarap oleh Kawasaki yang disebut bernama Ninja E-1. Proyek motor listrik dari Kawasaki ini pertama kali digarap pada 2019 lalu, tapi gara-gara COVID-19 proyek motor listrik itu harus ditunda dulu.

Hingga di Tokyo Motor Show 2021, Kawasaki mengumumkan proses pengembangan proyek motor listriknya. Seiring dengan pengumuman produk bertenaga listrik yang akan dipasarkan, Kawasaki menyebut akan ada 10 model motor listrik pada 2025 nanti.

1. Kawasaki tiba-tiba memamerkan prototipe motor listriknya

Kawasaki Pamerkan Dua Motor Sport Prototipe, Full Listrik dan Hybrid!Enggak ada tuas transmisi manual di motor prototipe Kawasaki (Autoby.jp)

Tapi pada 6 Agustus 2022 kemarin, Kawasaki menggegerkan dunia dengan memamerkan dua prototipe motor listrik dan hybrid miliknya di ajang balap ketahanan Suzuka 8 Hours. Dikutip dari Autoby.jp, Kawasaki tiba-tiba saja muncul dua kali dengan motor prototipenya itu.

Dua motor prototipe itu, kali ini hanya melakukan demonstrasi saja beberapa kali melewati sirkuit, tanpa ada penjelasan apapun dari Kawasaki mengenai kendaraan prototipenya itu.

Baca Juga: Spesifikasi Kawasaki J125, Matik Besar dari Kawasaki

2. Motor full listriknya punya desain yang mirip Z250/Z400

Kawasaki Pamerkan Dua Motor Sport Prototipe, Full Listrik dan Hybrid!Motor full listriknya berbasis desain dari Z250/Z400 (Autoby.jp)

Untuk motor full listriknya, terlihat Kawasaki memakai basis desain dari Z250/Z400 dengan tulisan 'EV' di body depannya. Terlihat bagian pelek, swing arm, suspensi depan, sampai lampu depan terlihat sama persis dengan Z250/Z400.

Yang terlihat paling berbeda tentu dari bagian mesinnya, enggak ada leher knalpot dua silinder dan digantikan dengan sebuah kotak hitam yang sepertinya tempat untuk menyimpan baterai. Lalu terlihat juga motor listriknya di dekat kotak hitam tersebut. Yang uniknya, Kawasaki sepertinya enggak memberikan transmisi manual pada motor ini, walaupun terlihat masih ada rantai dan gear yang terpasang.

3. Motor hybridnya pakai basis Ninja 250

Kawasaki Pamerkan Dua Motor Sport Prototipe, Full Listrik dan Hybrid!Motor hybrid Kawasaki berbasis Ninja 250 (Autoby.jp)

Untuk yang versi hybrid, terlihat menggunakan desain dari Ninja 250 dengan tulisan 'HEV' di body samping lengkap dari desain lampu depan, belakang, sampai kaki-kakinya. Walaupun beberapa bagian terlihat berbeda seperti fairing sisi samping dan juga pengereman cakram ganda di depan.

Karena menggunakan mesin hybrid yang artinya gabungan dari mesin konvensional dengan motor listrik, terlihat versi hybrid ini masih ada mesin konvensional dua silindernya. Sayang banget ya, Kawasaki belum membocorkan spek ataupun informasi lainnya dari dua motor prototipe ini. Tapi yang pasti, sudah semakin dekat ke produksi massal nih!

Baca Juga: Update Kawasaki Ninja Versi Listrik, Bisa Tempuh Jarak Sampai 100 km

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya