Comscore Tracker

Mencoba New Honda Vario 125, Bisa Bermanuver Lebih Lincah 

Posisi ridingnya masih sama banget kayak yang lama

Jakarta, IDN Times - New Honda Vario 125 baru saja diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada Senin (26/9/2022) kemarin. Selain sesi peluncuran, AHM juga memberikan kesempatan bagi para jurnalis yang hadir untuk menjajal secara langsung skutik 125 cc ini.

New Honda Vario 125 ini memang memiliki beberapa perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Ubahan yang paling terlihat ada pada cover body depan, batok lampu, sampai ke body belakangnya yang kini punya garis-garis lebih tegas dan agresif.

1. Posisi berkendara masih mirip yang lama

Mencoba New Honda Vario 125, Bisa Bermanuver Lebih Lincah Spek dan fitur New Honda Vario 125 (IDN Times/Fadhliansyah)

Saat pertama kali penulis duduk di atas jok New Honda Vario 125, rasanya secara posisi berkendara masih sama dengan generasi sebelumnya. Hal itu lantaran secara kaki-kaki dan rangka motor ini memang enggak diberikan perubahan yang signifikan, jadi masih sama seperti yang lama.

Bagi penulis yang memiliki tinggi 181 cm, dimensi New Honda Vario 125 memang bisa dibilang terlalu kecil dan harus sedikit mundur duduknya biar kaki gak terbentur dengan dek motor.

Baca Juga: New Honda Vario 125 Diluncurkan, Harganya Mulai Rp22 Jutaan

2. Asyik diajak bermanuver

Mencoba New Honda Vario 125, Bisa Bermanuver Lebih Lincah Bermanuver dengan New Honda Vario 125 (dok. AHM)

Meski begitu, penulis masih bisa merasakan asyiknya bermanuver dengan New Honda Vario 125 ini saat menjajalnya di trek AHM Safety Riding and Training Center yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dengan dimensi motor yang cukup kompak, setang yang gak terlalu lebar, rasanya motor ini masih sangat cocok untuk penggunaan harian di perkotaan.

Manuver juga bisa lebih lincah dan stabil, karena ban yang diusung New Honda Vario 125 ini sedikit lebih besar dari sebelumnya yang sekarang berukuran 90/80-14 di depan dan 100/80-14 di belakang. Selain itu, kalau diperhatikan pelek Vario 125 baru ini mirip banget sama Vario 150 lama, ya!

3. Mesin halus dan responsif

Mencoba New Honda Vario 125, Bisa Bermanuver Lebih Lincah Mesin dan CVT Honda Vario 125 (IDN Times/Fadhliansyah)

Lanjut ke sisi performa, walaupun penulis gak bisa melakukan pengetesan top speed karena trek yang terbatas, tetapi penulis masih bisa merasakan akselerasi dari New Honda Vario 125. Tarikan bawah motor ini responsif dan mesinnya juga terasa halus, tanpa ada getaran-getaran ketika mesin sedang idle.

AHM memang gak memberikan perubahan terhadap mesin New Honda Vario 125, mesinnya berkubikasi 124,8 cc berpendingin cairan dengan teknologi eSP, yang bisa mengeluarkan tenaga maksimum 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi puncak 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Jadi, kesimpulannya memang New Honda Vario 125 ini gak jauh beda dari versi sebelumnya dari sisi performa dan handling. Perbedaannya paling terasa dari desain body serta fitur-fitur yang disematkan seperti Honda Smart Key Sytem dan USB Charger.

Baca Juga: Perbandingan Ban dan Pelek Vario 160 dan Vario 150, Mana Lebih Kekar?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya