Comscore Tracker

Motor Listrik Anyar Alva Berdesain Skutik Gambot, Rilis di GIIAS 2022

Harganya bakal kompetitif dengan skutik bongsor lainnya

Jakarta, IDN Times - Di sela-sela ajang GIIAS Talk lalu (30/7/2022), Ilectra Motor Group mengumumkan kalau mereka akan meluncurkan motor listrik pertamanya di Indonesia, dengan mengusung nama brand Alva.

Peluncuran motor listrik ini dilakukan sebagai upaya Ilectra Motor Group untuk menurunkan emisi gas buang. "Pada tahap pertama ini fokus utama kami adalah memasarkan kendaraan listrik roda dua," ujar Antonius Rainier Haryanto, Managing Director Ilectrica Motor Group saat GIIAS Talk.

1. Motor listrik Alva didesain anak bangsa

Motor Listrik Anyar Alva Berdesain Skutik Gambot, Rilis di GIIAS 2022Desain motor listriknya ala skutik gambot (Instagram.com/@alvaauto.ev)

Rainier mengatakan kalau motor listrik Alva benar-benar didesain oleh anak bangsa, tapi untuk sistemnya berkolaborasi dengan Eropa, Cina, dan Jepang.

Bicara soal desain, Rainier menyebut motor listrik pertama Alva ini memiliki desain ala skutik gambot seperti Yamaha NMAX ataupun Honda PCX.

2. Bocoran spesifikasi motor listrik Alva

Motor Listrik Anyar Alva Berdesain Skutik Gambot, Rilis di GIIAS 2022Prototipe motor listrik yang dipakai oleh Alva (IDN Times/Fadhliansyah)

Selain berbentuk ala skutik gambot, motor listrik pertama Alva ini memiliki torsi 46,5 Nm. "Itu kira-kira setara dengan motor bensin berkapasitas 150 cc," ucap Rainier.

Dengan torsi tersebut, motor listrik ini diklaim bisa dipacu sampai kecepatan maksimum sekitar 90 km/jam. "Untuk baterainya kita satu baterai itu 2,7 kW, yang coveragenya sekitar 70-90 kilometer," ujar Rainier lagi.

3. Harganya akan kompetitif

Motor Listrik Anyar Alva Berdesain Skutik Gambot, Rilis di GIIAS 2022Desain panel instrumen motor listrik prototipe Alva (IDN Times/Fadhliansyah)

Oya, motor listrik Alva ini juga akan bisa menggunakan dua baterai sekaligus, walaupun dalam paket penjualannya hanya mendapatkan satu baterai saja. Kalau pakai dua baterai, artinya motor listrik Alva ini akan bisa menempuh jarak 140 kilometer sampai 180 kilometer.

Urusan harga, motor listrik yang dijual Alva akan memiliki harga yang cukup kompetitif dengan motor bensin sekelasnya. "Harganya kompetitif di range Rp33 juta sampai Rp37 juta, kita lihat saja harga pastinya nanti saat peluncuran," tutup dia.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya