Comscore Tracker

Upgrade Performa Vespa Matic, Segini Biayanya

Tentukan dulu tujuanmu meng-upgrade Vespa

Jakarta, IDN Times - Pengguna Vespa matic yang merasa performa motornya kurang, bisa mencoba beberapa trik untuk mendongkrak performa. Sebenarnya trik upgrade performa Vespa matic gak beda jauh dari skutik Jepang. Tapi tentunya kamu harus memilih bengkel yang tepat untuk melakukan upgrade performa, biar hasilnya bisa maksimal.

Sebelum berangkat ke bengkel, kamu harus tahu tujuan untuk upgrade performa ini. Apakah sekadar untuk akselerasi dan penggunaan harian saja, atau untuk kebutuhan track day di sirkuit. Karena upgrade yang bisa dilakukan berbeda-beda, menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

1. Ganti knalpot racing

Upgrade Performa Vespa Matic, Segini BiayanyaVespa matic modifikasi (Instagram/bossvespaid)

Langkah pertama buat upgrade performa Vespa matic adalah dengan mengganti knalpot racing. Mengganti knalpot racing ini adalah cara paling mudah dan cepat, dan tenaga motor pun pasti langsung meningkat.

Pilihan knalpot racing untuk Vespa matic saat ini pun beragam banget, mulai dari yang lokal, custom sampai impor. Kamu bisa memilih knalpot racing yang sesuai dengan budget, untuk merek impor harganya bisa di atas Rp8-11 jutaan sementara yang lokal atau custom bisa Rp1 juta ke atas. Tapi harus diingat, pilih knalpot racing yang sesuai dengan spek motor kamu, dengan begitu tenaga yang keluar bisa lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Performa dan Pesona Vespa 

2. Upgrade CVT

Upgrade Performa Vespa Matic, Segini BiayanyaIlustrasi Vespa matic di bengkel spesialis (Instagram/@scooterjam)

Langkah selanjutnya untuk upgrade performa Vespa matic adalah melakukan upgrade di area CVT, seperti yang ditawarkan di bengkel spesialis Vespa matic, Vespa Garage. "Paling enak memang ganti variator set dan delta clutch Malossi, karena selain performa motor meningkat, getaran di Vespa juga ikut berkurang," kata Anugrah K Wardhana atau yang akrab disapa Dhana, pemilik Vespa Garage kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Pada paket variator yang ditawarkan ini, terdiri dari variator (rumah roller), roller, per CVT, slide piece, boshing, dan juga flywheel (kipas pulley depan). Variator set keluaran Malossi ini dijual dengan harga Rp2,9 juta, sementara delta clutch Malossi harganya Rp2,75 juta.

3. Bore up

Upgrade Performa Vespa Matic, Segini BiayanyaScooter Jam (Instagram/@scooterjam)

Kalau setelah upgrade CVT dan ganti knalpot masih terasa kurang juga, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan bore up. Vespa Garage yang berlokasi di Tangerang Selatan ini, juga menawarkan paket bore up dari Malossi dan Polini.

"Kalau paket bore up Malossi itu naik jadi 183 cc, sementara Polini jadi 172 cc. Paket bore up Malossi sudah termasuk dengan piggy back, kalau Polini cuma dapat bore up kitnya saja," jelas pria yang bisa dihubungi di nomor 0856-8364-777.

Buat harganya, paket bore up Malossi atau Polini masing-masing dijual dengan harga Rp9 jutaan. Tetapi itu belum termasuk biaya pasang ke motor, ya. "Semua pembelian part Malossi dan Polini di Vespa Garage dapat garansi resmi dari distributor resminya, jadi kalau ada masalah bisa langsung bilang ke kita," tutup Dhana.

Baca Juga: Tips Mudik Naik Vespa, Biar Gak Mati Gaya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya