Comscore Tracker

3 Keunikan Sepeda Ontel, Bukan Sekadar Klasik Lho!  

Ada yang remnya di kaki

Jakarta, IDN Times - Setiap jenis sepeda punya keunikan dan daya tariknya sendiri. Seperti sepeda lipat yang bisa dilipat, sepeda gunung yang bisa diajak blusukan ke pegunungan, serta road bike yang bisa diajak ngebut di atas aspal.

Selain itu juga ada sepeda ontel dengan desain klasiknya yang selalu jadi magnet para kolektor. Tapi tahu gak sih kalau daya tarik sepeda ontel itu gak cuma ada di desain klasiknya, tapi juga karena keunikannya. 

"Setiap sepeda punya karakter dan kekuatannya masing-masing, termasuk ontel. Keunikan sepeda ini karena sudah masuk kategori sepeda zaman dulu," kata Ketua Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok), Muntowil, kepada IDN Times, Selasa (4/8/2020).

Nah, berikut tiga keunikan sepeda ontel yang barangkali gak ada di sepeda lain!

1. Remnya gak hanya di tangan tapi juga di kaki

3 Keunikan Sepeda Ontel, Bukan Sekadar Klasik Lho!  Wikipedia

Towil mengatakan keunikan utama dari sepeda ontel terdapat pada sistem remnya yang menggunakan kaki.

"Ada sepeda ontel yang punya persneling dan ada yang gak. Tapi ada juga yang mengandalkan rem kaki saja," kata Towil.

Cara menggunakan rem kaki pada sepeda ontel cukup mudah, yakni dengan memundurkan engkol atau pedal. Biasanya rem ini disebut rem torpedo.

2. Punya banyak jenis frame berdesain unik

3 Keunikan Sepeda Ontel, Bukan Sekadar Klasik Lho!  xframe.files.wordpress.com

Keunikan lain terdapat pada frame-nya. Sepeda ontel, kata Towil, punya banyak varian desain frame. Salah satunya adalah cross frame. Ada juga yang berbentuk huruf S, hingga dual frame setinggi 26 inci. Desain-desain frame yang berbeda ini bertujuan untuk melaraskan bentuk tubuh goweser sepeda ontel.

3. Aksesoris sepeda onthel punya ciri khas sendiri

3 Keunikan Sepeda Ontel, Bukan Sekadar Klasik Lho!  sewasepedajogja.com

Aksesoris yang dipasang pada sepeda ontel itu biasanya berdesain lawas, sehingga selaras dengan sepedanya. Aksesorisnya bisa berupa lampu, tas hingga bel. Banyak kok yang menjual aksesoris sepeda ontel ini.

Nah, kalau kamu punya sepeda ontel, bulan Agustus ini waktu yang tepat untuk menggowesnya. Sebab sepeda ontel. So, mari berontel ria!

Baca Juga: Eksis Sejak Zaman Kolonial, Sepeda Ontel Ternyata Banyak Jenisnya

Topic:

  • Faiz Iqbal Maulid
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya