Comscore Tracker

Pesona Sepeda Lipat Dahon Klasik, Masih Jadi Buruan Goweser Lho!

Gaya klasiknya seli Dahon belum ketinggalan zaman

Jakarta, IDN Times - Jangan heran kenapa sepeda lipat merek Dahon selalu menjadi incaran para goweser. Sebab, selain dikenal sangat nyaman, sepeda-sepeda Dahon juga sangat tangguh dan awet.

Itu sebabnya banyak sepeda Dahon yang diproduksi pada 1980-on masih eksis hingga saat ini. Sepeda-sepeda ini masih berfungsi normal dan performanya juga gak kalah dengan sepeda-sepeda baru. Keren banget, kan?

Karena itu itu gak mengherankan jika harga sepeda-sepeda Dahon klasik masih tetap tinggi. Sebab banyak sekali yang mengincar sepeda-sepeda ini. Nah, berikut deretan sepeda Dahon klasik yang jadi buruan goweser.

1. Dahon da bike

Pesona Sepeda Lipat Dahon Klasik, Masih Jadi Buruan Goweser Lho!youtube.com/Burang Riyadi

Sepeda klasik Dahon tipe Da Bike termasuk sepeda lipat klasik yang langka. Sulit sekali mencari Da Bike dengan kondisi yang masih orisinal. Kalau pun ada yang jual, biasanya sudah di-upgrade oleh pemiliknya.

Melihat jejaknya di pasar sepeda dunia, seli ini sudah ada sejak 1990. Seli ini diproduksi langsung di Inggris. Selain itu, gak cuman Da Bike, Dahon juga memiliki tipe-tipe lainnya.

Walaupun sepeda ini keluaran tahun 90-an, namun tetap gak kalah saing jika di-upgrade. Sepeda ini dibanderol mulai Rp7 jutaan, tergantung upgrade seperti apa yang terpasang di seli tersebut.

Baca Juga: Pilihan Sepeda Lipat di Bawah Rp10 juta, Ada Polygon Loh! 

2. Dahon California

Pesona Sepeda Lipat Dahon Klasik, Masih Jadi Buruan Goweser Lho!Instagram.com/negyj

Dahon tipe California ini diproduksi sejak 1986. Seli lawas ini hingga sekarang masih jadi incaran goweser terutama kolektor.

Untuk sepeda keluaran tahun 90-an, seli ini memiliki spesifikasi yang lumayan bertenaga. Sepeda ini ditenagai shifter Shimano Tourney 5-speed external.

Sepeda lawas ini dijual dengan harga mulai dari Rp 15 jutaan di marketplace. Namun mencarinya agak susah mengingat ini adalah sepeda keluaran tahun 90-an

3. Dahon Mariner

Pesona Sepeda Lipat Dahon Klasik, Masih Jadi Buruan Goweser Lho!Dahon

Di antara sepeda lipat yang diluncurkan Dahon, Mariner merupakan salah satu sepeda Dahon yang paling populer. Selain itu, Dahon Mariner memiliki dua varian yakni D7 dan D8.

Sepeda lipat klasik ini ringan dan berkualitas tinggi serta harganya lumayan terjangkau untuk sekelas sepeda lipat old-school yakni di kisaran mulai dari Rp 7 jutaan hingga Rp 17 juta.

Keunggulan sepeda lipat ini ada pada portabilitasnya yang membuat Mariner ideal banget untuk perjalanan di perkotaan. 

4. Dahon Stowaway

Pesona Sepeda Lipat Dahon Klasik, Masih Jadi Buruan Goweser Lho!Instagram.com/agmadjie

Seri yang satu ini diluncurkan pada awal tahun 80-an, dan hingga sekarang masih dicari oleh banyak kalangan.

Dahon Stowaway ini memiliki corak desain yang mencolok, sebab coraknya menggunakan warna kuning dan merah, hampir di semua sisi.

Sepeda ini menggunakan frame berbahan hi-teen steel yang dijamin kuat walaupun sudah berumur tua. 

Harga dari seli klasik ini beragam, bisa sangat murah, bisa juga sangat mahal, tergantung dari upgradenya, ya.

Baca Juga: Sejarah Unik di Balik BMX, Ternyata Mewarisi DNA Motocross

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya