5 Penyebab Utama Ban Motor Cepat Botak, Lakukan Cek Rutin Ya!

Jangan sampai gembos di tengah jalan ya

Ban merupakan komponen penting motor yang berfungsi sebagai penahan beban sekaligus penggerak laju kendaraan. Oleh karenanya, diperlukan perawatan rutin dan berkala agar ban motor tetap awet terjaga.

Tak hanya awet, merawat ban motor dengan telaten akan menghindarkannya dari keausan dan mencegah ban cepat botak. Nah, berikut ini beberapa penyebab mengapa ban motor bisa cepat botak sehingga mengganggu perjalananmu saat berkendara;

1. Terlalu berlebihan menggunakan rem dan akselerasi

5 Penyebab Utama Ban Motor Cepat Botak, Lakukan Cek Rutin Ya!Pixabay.com/cuncon

Terlalu berlebihan menggunakan rem dan akselerasi tentu saja akan membuat ban motor cepat botak dan aus. Karena ban motor sering dipaksa bergesekan dengan jalan raya saat menggunakan rem, maka hal tersebut akan membuat umur ban menjadi berkurang. Selain itu, mengurangi kecepatan juga bisa mencegah ban cepat botak karena mengurangi potensi rem mendadak.

2. Kondisi jalan raya rusak dan mengandung senyawa yang merusak karet ban

5 Penyebab Utama Ban Motor Cepat Botak, Lakukan Cek Rutin Ya!.lazymotorbike.eu

Kondisi jalan raya yang rusak serta terpaparnya cairan-cairan kimia pun menjadi salah satu faktor yang membuat ban motor cepat botak. Batu kerikil, kubangan, jalan rusak, dan beberapa cairan di jalan raya yang tidak sengaja kamu temui di jalan raya akan mengurangi usia keawetan ban motor. Untuk mengatasinya, hindari jalan-jalan rusak yang berpotensi membuat aus ban motormu dengan cepat.

3. Kondisi musim dan cuaca yang kurang bersahabat

5 Penyebab Utama Ban Motor Cepat Botak, Lakukan Cek Rutin Ya!bennetts.co.uk

Selain berhubungan dengan fisik motor, faktor cuaca yang tidak baik juga menjadi pemicu ban motor cepat botak. Apalagi saat cuaca sedang panas, hal tersebut akan membuat ban motor aus karena terpapar sinar matahari langsung. Jadi, jika tidak ada keperluan mendesak, hindari berkendara saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Ban Motor Baru yang Tepat Agar Tahan Lama

4. Tekanan angin ban motor yang tidak pas

5 Penyebab Utama Ban Motor Cepat Botak, Lakukan Cek Rutin Ya!YouTube.com

Ingat ya, jangan mengisi tekanan angin ban terlalu banyak atau malah kurang ya? Untuk menghindari keausan ban motor, isi tekanan angin ban sesuai dengan kondisi ban motor. Lakukan tekanan sederhana pada permukaan ban untuk mengetahui kondisi tekanan angin agar tidak terlalu kencang atau terlalu lemah.

5. Material bahan karet ban yang berkualitas rendah

5 Penyebab Utama Ban Motor Cepat Botak, Lakukan Cek Rutin Ya!ericomotorsports.com

Nah, bahan material dari ban juga memberikan pengaruh besar dalam keawetan sebuah motor. Jika material karet ban berkualitas rendah, maka sudah bisa dipastikan ban motor akan cepat mengalami keausan dan menjadi botak. Jika ban motor sudah perlu diganti, sebaiknya cari ban motor dengan kualitas bahan material karet yang sudah teruji.

Jika sudah mengetahui beberapa penyebab ban motor menjadi botak, selalu luangkan waktu untuk mengecek kondisi ban secara rutin dan berkesinambungan.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Rawat Ban Motor, Bikin Awet dan Minim Kerusakan

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You