Comscore Tracker

5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!

Anti bau apek, deh!

Helm merupakan salah satu aksesori yang wajib kamu pakai saat berkendara di jalan raya. Selain menaati peraturan pemerintah, helm juga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pada kepala dari berbagai gangguan. Karena sifatnya yang penting, merawat helm tentu saja menjadi hal wajib yang tidak boleh kamu abaikan.

Agar helm-mu awet, berikut ini beberapa tips sederhana untuk merawatnya agar tidak bau apek dan cepat rusak.

1. Agar aman dan awet, simpan di tempat penitipan helm saat berada di parkiran

5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!mvagusta.net

Sebisa mungkin, simpan helm di penitipan motor saat berada di parkiran. Meski ada yang bilang menyimpan helm harus di belakang jok dan tidak boleh di atas spion, hal tersebut ternyata tidak efektif dari segi keamanan dan keawetan. Meski berada di parkiran, risiko helm dicuri bisa saja terbuka lebar selain bisa juga terkena dampak hujan dan panas.

2. Jangan lupa memakai balaclava saat memakai helm

5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!Tokopedia.com

Menggunakan helm harus menunggu rambut kering? Ya, tidak salah sih karena memang kepala harus dalam keadaan kering agar tidak lembap saat memakai helm. Namun, jika waktu sudah tidak bisa diajak kompromi, rambut basah pun aman memakai helm asal tak lupa mengenakan balaclava. Balaclava sendiri merupakan penutup kepala sebagai alas untuk menghalangi rambut terkena langsung pada permukaan busa helm hingga keawetan bisa tetap terjaga.

3. Jangan menjemur helm di bawah sinar matahari langsung

5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!YouTube.com/Billy Brannigan

Meski ingin cepat kering, jangan menjemur helm di bawah sinar matahari langsung ya? Selain karena bisa merusak permukaan busa, paparan sinar matahari langsung juga bisa membuat permukaan helm cepat retak dan kusam. Untuk mengeringkannya dengan benar, simpan di tempat sejuk dalam keadaan terbalik dan biarkan angin yang mengeringkannya.

Baca Juga: 7 Helm Motor Paling Mahal di Dunia, Ada yang Rp50 Juta!

4. Segera bersihkan helm setelah terkena air hujan

5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!Pixabay.com/70154

Ingat ya, jangan menunda membersihkan helm setelah terkena hujan ya? Karena air hujan memiliki kandungan dengan kadar asam yang cukup tinggi, helm milikmu akan cepat berisiko mengalami kerusakan. Permukaan helm yang sering terkena air hujan tanpa segera dibersihkan akan membuatnya segera menjadi penghuni tempat rongsokan.

5. Sebisa mungkin gunakan secara personal

5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!Pixabay.com/Free-Photos

Sama seperti celana dalam, helm juga semestinya harus digunakan secara personal lho. Bukannya pelit, meminjamkan helm kepada orang lain artinya kamu membuka peluang helm kamu dicemari risiko kuman dari kepala orang lain.

Kamu kan tidak tahu kepala orang yang meminjam helm kamu bersih atau tidak, berketombe atau mulus, dan sebagainya. Kan gak lucu kalau helm yang kamu rawat agar tetap bersih tiba-tiba kotor dan rusak karena dipinjam orang secara serampangan? Belum lagi kalau pinjamnya lama dan kita sedang butuh, helm kita serasa bukan milik sendiri.

Jadi mulai sekarang, gunakan helm saat berkendara ya untuk keselamatanmu sendiri ya?

Baca Juga: Riders, Kenali Perbedaan 7 Jenis Helm dan Fungsinya

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You