Comscore Tracker

5 Tips Simpel Merawat Shockbreaker Motor, Biar Ayunan Lebih Empuk

Kenyamanan yang utama, bukan?

Ibarat satu tubuh yang sakit, semua bagian biasanya memang akan merasakan dampaknya. Sama seperti halnya motor, kamu harus merawat bagian-bagian motor agar performanya tetap prima di berbagai kondisi. Terutama shockbreaker, kamu tentu harus memeliharanya dengan penuh perhatian jika ingin motor tetap nyaman digunakan sehari-hari.

Berikut ini beberapa tips sederhana bagaimana cara merawat shockbreaker agar tekanannya tetap empuk saat berada di jalan raya.

1. Bersihkan bagian dalam shockbreaker

5 Tips Simpel Merawat Shockbreaker Motor, Biar Ayunan Lebih Empukbikedekho.com

Debu, lumpur sisa hujan, benang, dan kotoran lain biasanya akan menempel pada bagian dalam shockbreaker saat digunakan di jalan raya. Rutin membersihkan bagian dalam shockbreaker akan membuat kinerja motor menjadi lebih terjaga. Tak hanya itu, bagian seal dan piston pun tentu saja tidak akan cepat aus karena selalu terjaga kebersihannya.

2. Hindari melintasi jalan yang tak rata, bergelombang, dan banyak kerikil tajam

5 Tips Simpel Merawat Shockbreaker Motor, Biar Ayunan Lebih Empukbennetts.co.uk

Kondisi jalan yang tidak stabil dan rusak bisanya memang akan membuat shockbreaker motor menjadi cepat rusak. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan, sebaiknya hindari jalan-jalan bergelombang, tak rata, dan banyak mengandung kerikil tajam. Jalanan yang mulus selain membuat shockbreaker terjaga juga membuat perjalananmu terasa nyaman dan mengasyikkan.

Baca Juga: 5 Tips Biar Motor Matic Kamu Lebih Awet, Lakukan Servis Rutin!

3. Ganti oli shockbreaker agar ayunan lebih nyaman

5 Tips Simpel Merawat Shockbreaker Motor, Biar Ayunan Lebih Empukxtrememotor-shop.com

Setiap beberapa tahun sekali, usahakan mengganti oli shockbreaker agar ayunannya menjadi lebih empuk dan nyaman. Oli shockbreaker yang tak pernah diganti bertahun-tahun akan membuat shockbreaker menjadi cepat berkarat dan rusak. Kamu tentu tidak ingin bagian-bagian motormu cepat mengalami kerusakan karena lalai mengganti oli shockbreaker, bukan?

4. Sesuaikan beban dengan batas maksimal saran pabrikan

5 Tips Simpel Merawat Shockbreaker Motor, Biar Ayunan Lebih Empukindiabackpackmotorbike.com

Meski terdengar sepele, kamu jangan membebani motor terlalu berat karena secara tak langsung akan membuat shockbreaker mengalami kerusakan lebih cepat. Sesuaikan beban dengan batas maksimal yang disarankan pabrikan agar shockbreaker tidak dipaksa menahan beban terlalu berat. Kamu saja pasti mengeluh saat menerima beban hidup, apalagi dengan motor yang terbebani barang berkilo-kilo?

5. Jangan sekali-kali menambah aksesoris tambahan pada shockbreaker

5 Tips Simpel Merawat Shockbreaker Motor, Biar Ayunan Lebih Empukultimatemotorcycling.com

Untuk sekadar gaya-gayaan, generasi millennials biasanya akan menambahkan aksesoris tambahan pada shockbreaker agar terlihat keren. Anting-anting dan kaki-kaki tambahan pada shokbreaker hanya akan membuat kinerja bagian-bagian motor menjadi terhambat karena tidak bisa bergerak bebas. Ingat ya, menambah aksesoris pada beberapa bagian motor hanya akan membuat performanya menjadi menurun.

Dari beberapa tips sederhana merawat shockbreaker di atas, kira-kira hal apalagi nih yang bisa membuat performa motor menjadi lebih baik? Share di sini, ya?

Baca Juga: Ini 5 Tipe Mesin Motor Populer dan Karakteristiknya

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You